Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

BPK-RI Perwakilan Malut Monitoring Pemeriksaan Pendahuluan LKPD Halbar 2023

Jailolo, Koranmalut.Co.Id -  Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat menerima Kunjungan dari Badan Pemeriksaan Keuangan Perwakilan Provinsi Mal...


Jailolo, Koranmalut.Co.Id - Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat menerima Kunjungan dari Badan Pemeriksaan Keuangan Perwakilan Provinsi Maluku Utara (Malut). Kedatangan BPK-RI Perwakilan Malut dalam rangka pelaksanaan monitoring tindak-lanjut laporan keuangan Pemerintah daerah tahun 2023.

"Sekarang tim BPK melakukan pemeriksaan Rinci APBD Tahun 2023. Jadi Kepala BPK datang untuk memonitor sudah sejauh mana langkah-langkah tim pemeriksa dan bisa bersinergi dengan semua pimpinan OPD untuk tindak lanjut laporan keuangan. Dan pemeriksaan ini bisa berjalan dengan lancar," kata Bupati Halbar James Uang, Jumat 3 Mei 2024.

James Uang mengatakan Setelah ini akan ada pemberian opini dari BPK terhadap APBD tahun 2023 yang di audit.

"Jadi intinya, kita menunggu saja hasil WTP ke depan," ucap Bupati.

Tentunya soal opini dari BPK untuk mendapatkan WTP atau tidak. Itu bukan BPK yang buat tetapi dilihat dari kinerja pimpinan OPD.

"Dan diharapkan kepada pimpinan OPD agar bekerja dengan Baik dan maksimal sehingga pada akhirnya, kalau ada opini lahir daripada kinerja OPD," pintanya.

Sementara Kepala Perwakilan Provinsi Maluku Utara (Malut) Marius Sirumapea mengatakan bahwa untuk memastikan pemeriksaan pendahuluan atas laporan keuangan Pemda Halbar tahun 2023.

"Semua inikan dilakukan secara laporan keuangan seluruh OPD. Karena kita lakukan ini adalah monitoring namanya, jadi kita itu ada pemeriksaan pendahuluan. Nanti baru diberikan opini jadi inikan pemeriksaan rinci setelah di BPK baru kita memberikan opini ini setiap tahun kita lakukan," kata Marius.

Ketika disentil terkait dengan rekomendasi BPK tahun kemarin sejumlah SKPD banyak yang belum lunasi hasil temuan, Marius menjelaskan Sebenarnya ini yang kita dorong mereka untuk ditindaklanjuti dan selalu kordinasi dengan inspektorat.

"Kemudian nanti inspektorat kordinasi teman-teman OPD harus tindaklanjuti,". tandasnya. (Riko).

Tidak ada komentar