Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Tradisi Malam Lailatul Qadar, Ribuan Warga Kota Ternate Gelar Pawai Obor

Ternate, KoranMalut.Co.Id - Ribuan warga tak terkecuali remaja dan anak-anak di Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar pawai obor yang sudah ...


Ternate, KoranMalut.Co.Id - Ribuan warga tak terkecuali remaja dan anak-anak di Kota Ternate, Maluku Utara, menggelar pawai obor yang sudah merupakan tradisi di setiap Malam Lailatul Qadar Bulan Suci Ramadhan.

Tradisi yang umumnya digunakan warga di Maluku Utara ini, merupakan tradisi penyambutan turunnya malam Lailatul Qadar atau berlangsung pada setiap 27 Bulan Suci Ramadhan.

Ribuan Warga di Kota Ternate, Maluku Utara menggelar pawai obor di sepanjang jalan Kelurahan Dufa-Dufa, Ternate Utara, Kota Ternate pada Sabtu (6/4/2024) Malam tadi.

Pawai obor ini merupakan tradisi religi warga di Maluku Utara umumnya, termaksud Kota Ternate dalam menyambut turunnya malam Lailatul Qadar 27 Ramadhan.

Dimana setiap H min 3 Lebaran Idul Fitri, Warga membakar obor didepan rumah mereka dan juga melakukan pawai obor dan di-iringi dengan lantunan sholawat nabi.

Biasanya warga setempat menyebut malam Lailatul Qadar adalah malam ela-ela. Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengatakan tradisi ini diharapkan bisa menjadi tradisi syiar Islam yang hanya ada di Maluku Utara saat malam Lailatul Qadar.

"Tradisi ini tetap kami jaga ke depan, din nantinya juga bisa menjadi wisata religi yang dikenal dan bisa dipromosikan keluar," ujar Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman.

"Sehingga orng bisa datang dan menyaksikan bahwa salah satu bentuk dari tradisi Islam, dan merupakan bagian dari syiar Islam itu dilaksanakan di Ternate Maluku Utara yang merupakan bagian dari Kesultanan Ternate," sambungnya.**(Red)

Tidak ada komentar