Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Agusti Talib, Sosok Pengusaha Muda Asal Obi

Foto : Agusti Talib Pengusaha Tambang Asal Obi  KoranMalut.Co.Id - Beberapa tokoh Obi saat ini bermunculan ke publik jalang pilkada Halmaher...

Foto : Agusti Talib Pengusaha Tambang Asal Obi 
KoranMalut.Co.Id - Beberapa tokoh Obi saat ini bermunculan ke publik jalang pilkada Halmahera Selatan 2024. Salah satu diantaranya adalah Agusti Talib ST. Anda pasti penasaran dengan sosok ini, berikut profil dan kisa hidupnya yang ditelusuri oleh media ini.

Agusti Talib atau yang sering disapa Agus adalah sosok anak muda yang dilahirkan di desa Sambiki pada tahun 1985. Masa kecilnya hingga remaja dihabiskan di desa Sambiki. Sejak kecil sudah bersahabat dengan dunia tambang, kebetulan pada medio 90-an ada tambang rakyat di desa Anggai, sebuah desa yang hanya selemparan batu dengan desa Sambiki.

Agusti Talib atau yang sering disapa Agus adalah sosok anak muda yang dilahirkan di desa Sambiki pada tahun 1985. Masa kecilnya hingga remaja dihabiskan di desa Sambiki. Sejak kecil sudah bersahabat dengan dunia tambang, kebetulan pada medio 90-an ada tambang rakyat di desa Anggai, sebuah desa yang hanya selemparan batu dengan desa Sambiki.

Lahir dari sang Ayah Talib dan Ibu Samira.  Satu keluarga berlatar belakang petani yang sangat sederhana. selain bertani, juga mengais rejeki di lokasi tambang rakyat sebagai buru pikul. Sama halnya dengan masyarakat desa-desa dekat tambang rakyat mereka membagi waktu antara bertani, nelayan dan meraup keuntungan di tambang rakyat.

Agus menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Negeri Sambiki, begitu juga SMP Negeri 1 Obi dan SMA Negeri 1 Obi. Penasaran dengan ilmu pertambangan, Agus pun melanjutkan studi S1 di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Pertambangan Umum dan pada tahun 2008 berhasil meraih Sarjana Teknik (ST)

Agus yang dibesarkan dalam kehidupan serba ketidak cukupan ini, memaksa dirinya membagi waktu semasa kuliah. Agus pandai membagi waktu antara kuliah dan mengais rejeki di luar jam kuliah. Ia membangun karir sebagai pengusaha. Meskipun perna masuk organisasi kemahasiswaan. Tetapi ia terbilang lebih aktif membangun dan mengembangkan usahanya sebagai kontraktor. Maka meskipun masih di bangku kuliah Agus sudah berkompetisi dalam hal tender proyek-proyek baik di pemerintahan maupun di perusahan-perusahan swasta. Ia memiliki prinsip; sukses studi, sukses usaha.

Selesai dibangku kuliah, Ia mempersunting perempuan terkasihnya, Evi Desiyani Pansiradju yang lahir di Ternate. Evi sapaan akrab sang istri sangat mendukung karir dan usaha suaminya.

Foto Agusti Talib dan Keluarga 
Agus perna bekerja di beberapa  perusahan pertambangan seperti pada tahun 2009-2011 bekerja PT. Gane Permai Sentosa yang merupakan bagian dari Harita Group pada departemen Mining Geologi dan pada tahun 2012 bekerja di PT. Weda Bay Nikel pada departemen yang sama. Tahun 2013 s/d tahun 2016 bekerja di PT. Wana tiara Persada

Setalah itu, Agus keluar dari perusahan dan mengembangkan karir sebagai konsultan dan kontraktor pertambangan. Atas jasanya itu. Agus dipercaya oleh perusahan-perusahan pertambangan sebagai Kepala Teknik Tambang seperti pada PT. Wana Halmahera Barat Permai. Agus juga tercatat sebagai POU (Pengawas Operasional Utama). Salah satu sertifikasi terbaik bagi para praktisi pertambangan yang diakui oleh kementrian ESDM.

Saat ini, Agus telah mendirikan perusahan sendiri yang bergerak di bidang konstruksi pertambangan yakni PT. Tria Mandiri Teknik (GROUP) dengan posisinya sebagai direktur utama. Ia juga mengembangkan PT. Obi Mayor Nusantara juga sebagai direktur. Selain membesarkan perusahaannya, Agus juga aktif di organisasi Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI), saat ini dipercaya sebagai Bendahara Umum.

“Kalau jujur, saya termasuk sangat aktif di Perhapi Malut,”ujarnya 

Agus yang besar dari keluarga petani ini tidak jumawa pada kesuksesannya saat ini. Ia mampu menjaga karir dan membersamai keluarga tercintanya (istri dan anak-anak). Ia bercerita’,

“Dalam membangun usaha ini, dukungan keluarga sangat penting, dan yang dibutuhkan adalah menjaga kepercayaan, komitmen dan keberanian untuk mencoba”, Katanya.

Ia juga merekrut para jonior-joniornya lulusan pertambangan untuk bekerja sama mengembangkan perusahaannya saat ini.

Terkait pemberitaan yang mewacanakan dirinya dengan Eka Dahliana Usman pada pilkada 2024. Agus pun mengatakan, itu kan baru wacana dan butuh komunikasi lebih lanjut.

“Saat ini saya memang di kalangan pengusaha muda Obi sedang mendorong untuk maju sebagai 01 (Bupati) Halsel, tetapi kita lihat perkembangan dan komunikasi politik mendatang. Karena selain yang diberitakan paket Hj Eka dengan Saya. Tapi juga sudah ada yang hubungi dan temui saya oleh beberapa tokoh dan elite partai membicarakan pilkada Halsel 2024”. Tutur Dia. (red/tim)

Tidak ada komentar