Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Unipas Morotai Menambah Dua Mata Kuliah, Peningkatan Mutu Pendidikan

Morotai, KoranMalut.Co.Id - Dalam rangka menarik minat siswa dan meningkatkan mutu pendidikan. Universitas pasifik (Unipas) Pulau Morotai me...


Morotai, KoranMalut.Co.Id - Dalam rangka menarik minat siswa dan meningkatkan mutu pendidikan. Universitas pasifik (Unipas) Pulau Morotai menambah dua mata kuliah. 

Dan dua mata kuliah tersebut yakni mata kuliah "kapita selekta Morotai dan industri pariwisata kepulauan". 

Mata kuliah kapita selekta Morotai yang diajarkan ke mahasiswa sejak tahun 2014 dan industri pariwisata kepulauan yang diajarkan di tahun 2022 ini, terbilang unik sebab. Mungkin saja dua mata kuliah ini hanya ada di Unipas.

Dosen mata pelajaran kapita selekta Unipas, Alwadud Lule mengaku tujuan dan manfaat mata kuliah ini adalah memberikan wawasan, pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang hakikat identitas kedaerahan khususnya Morotai dalam takaran sejarah, antropologi, sosiologi, arkeologi linguistik, geografi, politik, dan ekonomi.

"Tujuan dan manfaat lainnya yakni, mengasah kemampuan mahasiswa untuk bisa mengetahui dan memahami filosofi identitas kedaerahan. Pemahaman akan identitas lokal dalam mata kuliah ini,"katanya, Senin (13/3/2023).

Mata pelajaran ini, kata dia, di ajarkan ke seluruh program studi yang ada di Unipas.

"Dengan adanya mata kuliah ini, diharapkan dapat bermakna dan berguna bagi kelangsungan pembangunan Morotai,"imbuhnya.

Sementara, dosen mata pelajaran industri pariwisata kepulauan Unipas, Ujar Jasmal Martora.

"Mata pelajaran yang tanganinya masuk dalam program studi teknik industri" 

"Mata kuliah ini termasuk yang baru, karena mulai diajarkan pada tahun 2022, itu kalau tidak salah,"timpalnya.

Lanjutnya, tujuan utama mata kuliah ini adalah untuk memberi pengetahuan atau pemahaman terhadap mahasiswa teknik industri terkait peran pariwisata dalam pengembangan ekonomi kepulauan serta dampak positif dan negatifnya terhadap kehidupan sosial-budaya dan lingkungan. 

"Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan pariwisata agar potensi yg dimiliki daerah (Morotai) dapat dikembangkan dengan sebaik-baiknya,"tutupnya.**(red)

Tidak ada komentar