Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Ini Capaian Kinerja Kantor Imigrasi Tobelo Tahun 2021

TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan piblik Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tobelo melakukan inovasi baik d...


TOBELO, KoranMalut.Co.Id -Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan piblik Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tobelo melakukan inovasi baik dalam administrasi dan pelayanan keimigrasian sepanjang Tahun 2021,meskipun pandemi Covid-19 masih melanda dunia, tidak terkecuali Indonesia, hal ini membuat Direktoral Jendral Imigrasi terus bekerja keras. 

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi keimigrasian, Kantor Imigrasi Tobelo mempunyai 4 wilayah kerja yaitu Kab. Halmahera Utara, kab. Halmahera Tengah, kab. Halmahera Timur, dan Kab. Pulau Morotai.

Sepanjang tahun 2021 dalam rangka pengawasan orang asing Kantor Imigrasi Tobelo telah melakukan rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) sebanyak 2 kegiatan di Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Tengah. Pengawasan orang asing juga dilakukan operasi gabungan sebanyak 3 kegiatan. 

Mengingat pada bulan Februari 2021, Kantor Imigrasi Tobelo melakukan kegiatan pemeriksaan keimigrasian terhadap awak alat angkut non regular yang masuk dan keluar wilayah Indonesia melalui pelabuhan khusus PT Youshan Nickel Indonesia (TKYN) Kab. Halmahera Tengah, sebanyak 154 kapal dengan total kru kedatangan 2906 orang dan keberangkatan 2906 orang.

Pelayanan terhadap WNI Kantor Imigrasi Tobelo telah menerbitkan paspor 48 halaman non elektronik sebanyak 211. Sementara untuk penerbitan Izin Tinggal Terbatas sebanyak 2.770.

Salah satu upaya pencegahan Covid-19 Direktorat Jenderal Imigrasi mempunyai program eazy paspor dimana proses dapat dilakukan di luar kantor Imigrasi. Kantor Imigrasi Tobelo telah melaksanakan 4 kegiatan terdiri dari 1 kegiatan di Kabupaten Halmahera Timur, 2 kegiatan Kab. Halmahera utara, dan 1 kegiatan di Kab. Halmahera Tengah.

Penyerapan anggaran tahun 2021 sebanyak 86,32% dari total pagu anggaran Rp 5.822.734.000,- dengan pemotongan anggarang sebesar Rp. 682.880.000,- (12%). Pelaksanaan serapan anggaran sedikit terpengaruh dengan adanya kondisi pandemik yang menyebabkan target capaian PNBP Direktur Jenderal Imigrasi tidak sesuai yang ditetapkan sehingga mengakibatkan adanya penyesuaian anggaran untuk pelaksanaan kegiatan di seluruh satuan kerja keimigrasian.

Dalam upaya peningkatan pelayanan masyarakat Kantor Imigrasi Tobelo telah membuat inovasi yaitu :

1. Paspor Kelompok Renta Diantar Aja (Papeda) paspor akan diantar ke rumah dengan radius 20 km yang diperuntukan para pemohon paspor kelompok renta dan disabilitas;

2. BAP Ngoni Tara Sampai malam Selesai (Boteme) yaitu Berita Acara Pemeriksaan penerbitan paspor hilang atau rusak 1 hari selesai;

3. Buku Tamu Online (Buton) digunakan untuk mencatat tamu yang masuk ke Kantor Imigrasi Tobelo secara online;

4. Chat Kantor Aja Langsung (Cakalang) aplikasi dua arah secara langsung dengan petugas; 

5. Lapor Untuk Ditindak Kantor Imigrasi Tobelo (Landak Karibo) merupakan aplikasi Whistle Blowing System sebagai sarana pelaporan penyimpangan yang dilakukan pegawai; dan 

6. Aplikasi Pelaporan Kapal Keluar masuk Mudah dan Ramah (Ikan Kakap Merah) diperuntukan bagi agen atau penanggung jawab alat angkut dalam melaporkan kedatangan dan keberangkatan kapal.

Prestasi yang dicapai pada tahun 2021 yaitu; 

1. Terbaik dalam kepatuhan penyampaian SPM gaji induk jumlah pegawai sedang periode triwulan 1 2021 oleh KPPN Tobelo;

2. Terbaik ke 2 Kepatuhan Pelaporan dalam Aplikasi  (Smart, E-Monev, E-Performance, Krisna);

3. Dalam pelayanan kepada para penyandang disabilitas, lansia, dan anak, Kantor Imigrasi Tobelo juga menerapkan jalur prioritas dan ruang pelayanan paspor ramah HAM. Pada tahun 2021 Kantor Imigrasi Tobelo memperoleh penghargaan pelayanan berbasis HAM dari Menteri Hukum dan HAM.

Demikian siaran pers ini disampaikan semoga di tahun 2022 Kantor Imigrasi Tobelo dapat terus berkomitmen dan melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.**(gf)

Tidak ada komentar