Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

BMKG: Hujan Intensitas Tinggi dan Sedang Sampai Tiga Hari Kedepan

TERNATE, KoranMalut.Co.Id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas I Babullah Ternate Provinsi Maluk...


TERNATE, KoranMalut.Co.Id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas I Babullah Ternate Provinsi Maluku Utara, memprediksi cuaca relatif buruk terjadi hujan disertai angin kencang dengan intensitas tinggi dan sedang disejumlah daerah Kabupaten/kota di Maluku Utara pada tiga hari kedepan.

Hal itu dijelaskan Prakirawan Stasiun Meteorologi kelas I Babullah Ternate, Dewi Madiong, Selasa (15/6/2021).

Katanya, potensi terjadi hujan khususnya di wilayah Halteng, Halut, Halbar dan Morotai cukup intens. Untuk Kabupaten Taliabu juga potensi terjadi hujan, namun relatif sedang dan itu terjadi di siang dan malam hari.

Untuk ketinggian gelombang air laut juga terjadi di perairan wilayah Malut dengan ketenggian mencapai 1 meter. kata Dewi, gelombang tersebut patut diwaspadai ketika adanya cuaca hujan disertai angin kencang.

“jika ketemu awan sibi di perairan lima wilayah yang dimaksud itu akan menambah ketinggian gelombang 1 meter menjadi 2-3 meter karena adanya angin yang cukup kencang yang keluar dari awan tersebut,” ungkapnya.

Dengan begitu, dapat diwaspadai untuk nelayan dan motoris speedboat di perairan Ternate, Halbar, Halut, Halteng, Morotai dan Taliabu.

“Jadi memang harus waspada untuk motoris yang menyebrang mengunakan speedboat dan nelayan yang melakukan aktivitas diperairan yang disebutkan. Apabila hujan lebat di tengah laut itu jarak pandang berkurang sehingga membuat kehilangan arah,” ungkapnya.**(Ves).

Tidak ada komentar