Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Kapal yang Mengalami Kecalakaan di Perairan Makian-Kayoa Ditemukan Selamat

TERNATE,  KoranMalut.Co.Id  -Basarnas Ternate dan Polairud Berhasil Selamatkan Kapal Nelayan POB 6 orang yang mengalami Mati Mesin di perair...


TERNATE, KoranMalut.Co.Id -Basarnas Ternate dan Polairud Berhasil Selamatkan Kapal Nelayan POB 6 orang yang mengalami Mati Mesin di perairan antara Pulau Kayoa dan Pulau Makian Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Sabtu (20/2/2021).

Kn SAR Pandudewanata yang tiba di LKP langsung melakukan pencarian, Pukul 01.02 Wit,  KN Sar 237 Pandudewanata berhasil menemukan Kapal Korban pada -+ 9 Nm arah tenggara  dari LKP, seluruh ABK dalam keadaaan selamat.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah mengatakan, saat di temukan kapal ikan DKP DD, sedang terombang ambing diatas laut dan tanpa penerangan (lampu) serta mesin kapal mati total. Selanjutnya KKM Kn Sar 237 Pandudewanata membantu proses perbaikan mesin kapal korban.


"Mesin kapal korban sudah dapat kembali hidup namun masih belum normal, selanjutnya kapal korban bergerak menuju ke Ternate dengan kecepatan 5-6 Knots didampingi Kn Sar 237 Pandudewanata. Cuaca yang kurang bersahabat membuat proses evakuasi sempat terhambat," Kata Arafah.

Arafah menyebut, sekitar Pukul 09.25 Wit, Kn Sar 237 Pandudewanata tiba di pelabuhan Perikanan Kota Ternate Bersama KapalKorban dan dipastikan Kapal DKP DD, sudah sandar di Pelabuhan Perikanan Kota Ternate dan ke 6 orang ABK dalam keadaan Sehat dan Selamat, selanjutnya diserahkan ke Keluarga Korban.


Setelah didata ulang jumlah korban hanya 6 orang, tidak sesuai dengan laporan awal yaitu 8 orang. Dan 6 korban tersebut, yakni Musda Hi Mudar (27), Yainn Hi Husein (46), Rukli (40), Najib (62), Irwan Dompi (42), A. Hamanan (60).

Tim SAR gabungan melaksanakan Debrifieng dengan hasil 6 orang korban ditemukan dan di evakuasi dalam keadaan selamat. 

Dengan telah ditemukannya seluruh korban, maka Operasi Sar pun selesai dan seluruh unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuan masing-masing dengan ucapan terimakasi.**(Hhk/Red).

Tidak ada komentar