Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Sejumlah Komunitas di Galela Utara Gelar Deklarasi Gerakan Literasi

HALUT, KoranMalut.Co.Id - Semangat anak muda di Kecamatan Galela Utara, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dalam gerakan literasi, direspon ...


HALUT, KoranMalut.Co.Id - Semangat anak muda di Kecamatan Galela Utara, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dalam gerakan literasi, direspon baik oleh lapisan masyarakat. Selasa (23/02/2021).

Kegiatan deklarasi Literasi Galela Utara yang di singkat 'Liga-Utara' itu digelar pada senin malam, tanggal 22 Februari 2021 oleh beberapa Komunitas literasi di Galela Utara di antaranya, Pojok Baca Lalonga Kreatif (Po-Balai Desa Lalonga), Literasi Ake Aru (Desa Bobisingo), Literasi Tabatuku (Desa Tutumaloleo) dan Ikatan Belajar Lintas Saluta (Iblis Desa Saluta) bersama TBM Satoemama Dari Kecamatan Malifut, tepatnya di Desa Tutumaloleo Kecamatan Galela Utara.

Komunitas literasi Tabatuku di percayakan sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan dan mendapatkan respon baik dari Pemerintah Desa hingga acara deklarasi selesai.

Wahyu Tobona, selaku Sekretaris Desa Tutumaloleo, beri ucapan terima kasih kepada Owner TBM-SATOEMAMA, Hasbullah, yang punya kepedulian tinggi terhadap kemajuan pendidikan di daerah Halmahera Utara, khususnya di Galela Utara

Sekdes Tobona, juga menyampaikan kepada masyarakat agar membuka ruang untuk anak-anak, dalam menumbuhkan semangat berliterasi, sehingga kedepan generasi Galela Utara memiliki bekal kecerdasan, karena membangun literasi sama halnya membangun berbudaya.


Asmin Bakri, selaku masyarakat Tutumaloleo  juga memberi apresiasi, dengan langkah awal yang luar biasa. Dia berharap, Pemda harus punya perhatian khusus untuk melihat penggiat literasi yang ada di Halut terkhusus di Galela Utara, agar setiap Desa harus ada perpustakaan Desa yang akan di kelolah oleh para penggiat Literasi setiap Desa di Galela Utara.

Sementara itu, Camat Galela Utara mengatakan, "Semoga semangat Adek-adek penggiat Literasi selalu terjaga, kegiatan seperti ini sangat dinantikan untuk membantu Pemerintah Kecamatan dalam menumbuh kembangkan minat belajar anak di masa pandemi, sehingga Galela Utara bisa bersaing dalam dunia pendidikan lebih luas lagi," imbuhnya 

Hal yang sama juga, disampaikan oleh Satgas Yon Armed-8, Kapten Arm. Puryadi, selaku Danki, "kegiatan seperti ini sudah pasti kami dari pihak Keamanan akan mendukung penuh guna menciptakan generasi yang cerdas dan cinta akan Tanah Air (NKRI)," ujarnya.

Ruzh Balasteng selaku Penggiat literasi Galela Utara dan Pendiri Pojok Baca Lalonga Kreatif menyayangkan kegiatan-kegiatan literasi yang seharusnya diperhatikan oleh Pemda, hanya saja terkesan belum ada sama sekali padahal dengan giat literasi seperti ini sangat membantu Pemda untuk memajukan Pendidikan di Halmahera Utara.

Hasbullah A. Damu yang biasa disapa Apoel Mailoa, selaku Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Halmahera Utara (FTBM-HALUT) menyebut, walaupun perkumpulan ini masih bersifat defakto akan tetapi kami dan penggiat Literasi di Halut pastinya selalu taat untuk menjalankan dan membangun semangat literasi di Halmahera Utara.

"Dari pesisir Utara Halmahera akan membuat terobosan sehingga Pemerintah Daerah (Pemda) bisa jelih dalam melihat gerakan literasi di Halmahera Utara, sehingga penggiat literasi selalu mempunyai kobaran untuk menyiarkan Literasi di Bumi Tarakani khususnya dan Hibualamo Umumnya," tutup Apoel Mailoa.**(Red).

No comments