Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

E2 Adventure Malut Tuntaskan Pendakian MT Sibela

HALSEL,  KoranMalut.Co.Id -   Pada tanggal 19 Febuari 2021 , Malam ini cuaca sedikit kurang bersahabat, angin malam bertiup sedikit lebih ke...


HALSEL, KoranMalut.Co.Id -  Pada tanggal 19 Febuari 2021 , Malam ini cuaca sedikit kurang bersahabat, angin malam bertiup sedikit lebih kencang dari biasanya dan di sertai hujan mungkin karena pengaruh La Nina. Kapal yang di jadwalkan berangkat Pukul 22:00 WIT di tunda keberangkatanya ke Puku 01:00. Crew E2 Adventure Maluku Utara dengan sabar dan sedikit was-was menungu di ruangan tunggu, sembari memeriksan perlengkapan dan peralatan Pendakian. Sesekali canda tawa pecah menghilangkan rasa was-was di dalam hati. 

Pukul 01 : 00 bunyi klakson kapal di bunyikan sebanyak tiga kali, bertanda kapal akang lepas tali dari pelabuha Bastiong Ternate Menuju Pulau Bacan. Semua crew E2 Adventur Malut Berbegas Untuk Naik Ke Kapal.

Di dermaga Crew E2 Yang Belum sempat ikut pada pendakian kali ini melepaskan keberangkatan Tim Ekspedisi dengan Perasaan Bangga dan Haru. "Selamat Berekspedisi/ Selamat Mendaki, Kembali Ke Rumah Dengan Selamat Sodara" Teriak Ipank Salah Satu Crew E2 Di Dermaga dengan Mata Bekaca-Kaca. Pukul 08:00 Kapal sandar di Dermaga Babang Bacan. Turun dari kapal Crew E2 langsung Menuju Ke Base Camp KPA Kompas (Desa Gandasuli), yang merupakan Start Point Pendakian Gunung Sibela. Pukul 11:30 perjalanan di mulai dari di Base Camp Kompas, medan yang di lalui masi landai dan terbuka kiri dan kanan perkebunan warga yang begitu subur. Kurang lebih satu jam perjalanan Tim mulai memasuki hutan dan di sambut dengan nyanyian burung di ujung-ujung pohon yang tinggi, tak terjangkau oleh Kamera (hp) tapi terdengar merdu di telinga.


Kurang lebih 15-20 menit memasuki hutan jalur yang di lalui kami menyusuri pinggiran sungai dengan Air yang jernih dan arus yang deras. mendapat sumber air adalah berkah terindah bagi para pendaki. mengisi persediaan air, menikmati dingin dan segarnya air pengunungan pada pukul 15:30 wit, akhirnya tiba di pos satu. membutuh waktu kurang lebih 4 jam dari star poin sampai ke pos satu. Beristirahat 30 menit. pukul 16:00 Tim melanjutkan perjalan menuju pos dua.

Di tengah heninggnya perjalan menuju pos dua, nyanyian burung bidadari dan burung kasturi Ternate terdengar merdu di telinga. Seakan menambah energi para pendaki yang mulai terkuras. Di ujung-ujung pohon terlihat Primata jenis Kera (Yakis Bacan) yang bergelantungan seakan memantau kami dari kejauhan., Pukul 18:00 Crew E2 tiba di pos dua, hari mulai gelap Tim memutuskan untuk bermalam di pos dua. semua crew sibuk dengan dengan tugas masing-masing, Sebagian mendirikan tenda, sebagian masak dll. Ini sudah menjadi tradisi pendaki (khsusnya E2 Adventure Malut)

Setelah makan malam, kami langsung beristirahat, untuk memulihkan Energi yang terkuras seharian. Bunyi jangkrik menjadi pengantar tidur Crew E2 Adventure Malut. pukul 09:00, Kami Melanjutkan perjalanan ke pos-pos berikutnya. Setelah sarapan pagi dan membersihkan sampah di pos 2. Sepanjang perjalan kami banyak bercerita dengan Guide  (Bang Ipul Subarno) untuk mendapat Informasi Tentang Gunung Sibela. Dari sekian Crew E2 Adventure Malut, baru satu orang (Om Memet) yang pernah melakukan pendakian di Gunung Sibela.

Jalur menuju pos-pos berikut mulai menanjak dan menantang. Kami berjalan di bawah rimbunya pohon-pohon besar yang sedikit berlumut. Hutan Tropis khas Maluku Utara masi alami, mungkin karena jarang orang melakukan aktifitas pendakian di Gunung Sibela. Pukul 10:40 WIT, Tim tiba di pos 3, beristirahat sejenak untuk sekedar menghilangkan dahaga dan menikmati cemilan. Sesekali lemparan canda tawa memecahkan, memecah suasana dan menjadi sumber energi bagi stiap Crew E2. Kurang lebih 15-20 menit beristirahat Tim melanjutkan perjalanan.


Lanjut pukul 12:30 WIT, Tim Tiba si pos 4. Berbeda dengan gunung-gunung yang lain di Maluku Utara, yang setiap pendakian kita selalu bertemu dengan rombongan pendaki lain. Di Gunung Sibela sepanjang perjalanan kita tidak pernah bertemu dengan rombongan pendaki lain. Pukul 13:27 WIT. Kurang lebih satu jam waktu yang di butuhkan untuk tiba di pos 5. Di pos 5 lima kami tidak lama beristirahat dalangsung melanjutkan perjalanan ke pos berikut., Pukul 15 : 39 WIT. Kami tiba di pos 6 pada ketinggian 1.744 MDPL. Masi ada satu pos lagi untuk mencapai Puncak Gunung Sibela dengan ketinggian 2.118 MDPL. Medan pendakian yang di lalui semakin menantang, dengan energi yang semakin terkuras, semangat yang tinggi merupakan sumber energi yang selalu membakar adrenalin. Pukul 17 : 30 WIT, Kami Tiba di Pos 7. Beristirahat sejenak meluruskan dan merenggangkan Kaki, Bahu dan pungguh yang mulai kaku dan capek akibat perjalanan panjang. Kami bercanda ria, mendengar cerita-cerita lucu dari teman-teman. Tawa lepas seakan tempat ini adalah tempat terindah dan ternyaman saat ini.

Di pos 7 terdapat sumber air, yang kami manfaatkan untuk mengisi persediaan air. Karena di Lokasi Camp Puncak sibela jauh dari sumber air. Setelah persediaan air terisi dan Energi kembali pulih, tim melanjutkan perjalanan menuju Lokasi Camp (Puncak Sibela). Pada 18 : 31, Tim Ekspedisi Seven Summit Maluku Utara, Mengijakkan kaki di Puncak Tertinggi Maluku Utara Gunung/Buku Sibela Dengan Ketinggian 2.118 MDPL. Kabut dingin yang di tiup oleh angin puncak sibela melewati setiap jengkal tubuh kami, menyelimuti tubuh kami, seakan kami adalah tamu istimewa yang harus di jemput.

Udara yang semakin dingin memberi tanda bahwa kami harus cepat-cepat beristirahat, memulihkan stamina dari perjalanan panjang menuju Puncak Gunung/Buku Sibela. Kita mesti mengumpulkan stamina dan energu untuk menuntaskan perjalanan yaitu kembali ke rumah dengan selamat. tanggal 23 Febuari 2021 pukul 18:00 tim Ekpedisi Seven Summit Maluku Utara, E2 Adventure Maluku Utara Tiba Di Base Camp Kompas dengan personil Lengkap dan dalam Kondisi Sehat Jasmani dan Rohani. Sampai Ketemu Di Pendakian Gunung Kie Matubu Dalam Ekpedisi Seven Summit Maluku Utara, Komunitas Pendaki Gunung E2 Adventure Maluku Utara.**(red)

Tidak ada komentar