Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Kadinkes: Halut Dapat Jatah Sebanyak 70 Ribu Vaksin

TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menyebutkan vaksinasi dalam pencegahan Corona Virus Di...


TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menyebutkan vaksinasi dalam pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Halut akan dilakukan mulai Januari hingga April 2021.

Kadinkes Muhamad Tapi Tapi mengatakan dipastikan dalam waktu dekat dari Provinsi sudah distribusi ke Halut setelah obat vaksin tiba di Ternate pada Senin (03/01/2021). Dimana dalam tahap pertama sendiri dipastikan sebanyak 50-70 ribu vaksin yang akan disiapkan untuk dilaksanakan vaksinasi.

Sementara prosedur vaksinasi di Halut dilakukan untuk tenaga kesehatan dengan dilaksanakan di tempat pelayanan kesehatan. "Mulai Januari sampai April 2021 sasaran utama vaksinasi tenaga kesehatan, TNI/Polri dan tempat pelayanan publik. Selanjutnya setelah April barulah tahap kedua dilakukan vaksinasi bagi semua kalangan," terangnya, Selasa (05/01/2021). 

Dijelaskannya, untuk awalnya dilakukan mulai dari umur 18-59 tahun untuk dilakukan vaksinasi. Selain itu, pemberian imunisasi sudah ada teknisnya, dan resiko dalam sangat kecil sekali dan tidak berbahaya. "Alasan untuk umur tersebut dengan dasar pada usia tersebut lebih rentan dan beresiko dalam penularan covid-19. Tim dokter sudah dibentuk dan dipastikan semua vaksin aman. Kalaupun terdapat gangguan langsung di tangani secara cepat. Kami juga berharap jika ada rumor yang beredar vaksin tidak aman, jangan dipercaya masyarakat karena itu hanya informasi hoax," jelasnya.

Ditambahkannya, vaksinasi tersebut akan dilakukan hingga 2023 karena akan dilakukan hingga ke desa-desa oleh tenaga kesehatan. Dimana untuk sekali vaksinasi akan dilakukan dalam waktu lama karena 1 orang dalam pemberian vaksin butuh waktu sampai 15 menit. "waktu itu dianggap tepat karena teknisnya ketika divaksinasi cukup memakan waktu meski hingga 10-15 menit," tutupnya.**(red/km).

No comments