Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

5 Desa di Kecamatan Kao Kabupaten Halut Diterjang Banjir

HALUT, KoranMalut.Co.Id - Sebanyak 5 Desa di wilayah Kecamatan Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara (Halut) yakni Desa Pitago, Bailengit, Som...


HALUT, KoranMalut.Co.Id - Sebanyak 5 Desa di wilayah Kecamatan Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara (Halut) yakni Desa Pitago, Bailengit, Sometek, Toguis dan Desa Parseba diterjang banjir. Hingga pukul 17.32 wit, ketinggian air di lokasi bencana mencapai 30 cm sampai 120 cm.

Sejak hari jumat tanggal 15/01 kemarin,  wilayah Kecamatan Kao Barat diguyur hujan secara terus menerus dengan intensitas sedang, aliran sungai wailamo yang melintasi 5 desa tersebut mengalami air pasang dan aliran airnya mulai mengarah ke pemungkiman warga. 

Air yang menggenangi pemukiman warga mulai tinggi dan masuk kedalam rumah warga. Hingga kini, warga yang rumahnya  terendam air mulai melaksanakan evakuasi mandiri kelokasi aman disekitar Desa yang tidak terkena banjir. 

Sementara itu, team BPBD Kabupaten Halut sudah tiba di lokasi kejadian untuk mengecek lokasi bencana. 

Kemudian 1 unit mobil BASARNAS kab Halut dengan membawa 1 buah sekoci juga telah tiba di lokasi bencana bersama personel koramil 1508-03/Kao untuk membantu evakuasi warga. 

Debit air yang menggenangi Desa Pitago (Desa yang lokasinya paling tinggi) mulai bertambah mencapai lutut orang dewasa.

Dengan alasan belum adanya bantuan tenda dan cuaca yang kembali hujan, Camat Kao barat Abner Tukang S.Pd menginstruksikan agar warga yang terkena dampak banjir di evakuasi menuju tempat penampungan yang berlokasi di SD Inpres Desa Kai Kecamatan Kao Barat, Gereja GMIH Elim desa Bailengit dan SMK Bina karya desa Somaetek

Pada pukul 17.10 wit Pasi Ter Kodim 1508/TBL Kapten Inf Indri Kuswanto beserta anggota tiba di lokasi bencana dengan membawa bantuan 1 unit tenda untuk tempat pengungsian. 

Kerugian matriil akibat bencana seluruh pemukiman masyarakat di 5 desa terendam banjir, belum dapat diperkirakan. 

Akibat kejadian tersebut akses transportasi dari Desa Makarti dan sekitarnya terputus. akses jalan sampai saat ini masih terendam air.**(Red/Km)

Tidak ada komentar