Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pemuda Babari Kelurahan Moya Panen Perdana, Bersinergi dan Perkuat Sektor Pertanian

TERNATE. KoranMalut.Co.Id - Banyak pemuda Indonesia yang berbakat dan mengembangkan bakatnya untuk mencapai suatu prestasi yang membanggak...

TERNATE. KoranMalut.Co.Id - Banyak pemuda Indonesia yang berbakat dan mengembangkan bakatnya untuk mencapai suatu prestasi yang membanggakan. di sisi lain, sebagian pemuda memilih pasif dan tidak menjalankan perannya sebagai insan akademis, untuk itu pemuda Babari hadir mengaktualisasikan peran itu., minggu, (26/7/20)

Namun Pemuda pada dasarnya adalah bagian dari masyarakat. keberadaan pemuda di tengah masyarakat setidaknya dapat memberikan peluang pemberdayaan bagi masyarakat yang rata- rata berpendidikan rendah. Salah satu hal yang dapat diberikan dalam konteks pencerdasan, pendampingan, dan pemberdayaan petani, oleh kelompok Pemuda Babari keluarahan Moya kota Ternate adalah dengan turut serta membangun kelembagaan petani.

Sebagai agent of change diharapkan pemuda dapat bersatu dan maju secara bersama-sama untuk menghadapi arus globalisasi dalam hal ini di bidang sektor pertanian dan pengembangan sektor pangan lokal yang akan terus tumbuh dan berkembang, tanpa menggunakan bahan kimia.

Pemuda babari adalah salah satu kelompok tani yang dibentuk untuk menarik minat pemuda disektor pertanian. Minimnya minat pemuda untuk mau bertani menjadi sebuah problem yang perlu diperhatikan bersama sehingga hadirnya pemuda babari ini diharapkan dapat menjadi contoh buat para generasi muda di Kota Ternate dan khususnya di Kelurahan Moya untuk mau bertani dan memperkuat sektor pertanian di Kota Ternate.

Metode bercocok tanam yang digunakan oleh Pemuda BABARI Kel. Moya ini tidak menggunakan pupuk kimia, tetapi menggunakan bahan organik yakni Pupuk Kompos untuk perawatan tanaman sayur sayuran, dengan harapan masyarakat dapan mengonsumsi pangan lokal berupa sayur sayuran ini, tanpa ada bahan kimia yang berdampak pada kesehatan.

Ketua Pemuda Babari kelurahan Moya, Samsul Bahri, Kepada KoranMalut.co.id, "Tujuan dari pembentukan kelompok tani Pemuda Babari, ini selain menjadi contoh untuk menarik minat pemuda untuk bertani, tujuan lain adalah menjadi wadah edukasi bercocok tanam dan dapat mencegah para generasi muda untuk terhindar dari pergaulan bebas seperti penggunaan narkoba, minuman keras dan lain lain", yang dapat merusak masa depan pemuda di era globalisasi ini. Pungkas, Samsul Bahri Ketua Pemuda Babari kelurahan Moya, kota Ternate.

Lanjut Samsul Bahri, Pesan Moral dari torang pemuda babari untuk para pemuda lainnya, jangan pernah malu untuk bertani, karena torang sebagian besar lahir dari hasil bertani. Beber Samsul Bahri di sela sela kegiatan. **(red/km)