Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pemda Gelar Bimbingan Manasik Haji 1445 H/2024 M

Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Pemda Kabupaten Halmahera Barat Menggelar Bimbingan Manasik Haji Musim Haji 1445 H/2024 M dengan mengusung tema:...


Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Pemda Kabupaten Halmahera Barat Menggelar Bimbingan Manasik Haji Musim Haji 1445 H/2024 M dengan mengusung tema: "Dengan Bimbingan Manasik Haji Kita Tingkatkan Pengetahuan dan dan Pemahaman Kepada Jama'ah calon haji untuk menjadi Haji Tangguh, Peduli dan Mandiri.

Kegiatan manasik haji ini berlangsung di Aula bidadari lantai 1 Kantor Bupati, Senin, (29/4/2024). Yang di hadiri Bupati Halmahera Barat, James Uang, Wakil Bupati Halmahera Barat, Djufri Muhamad, Sekda Halmahera Barat, M. Syahril Abdurradjak, Unsur Forkopimda, Kepala Kemenag Halmahera Barat, H. Amir Tomagola dan Calon Jama'ah Haji.

Kepala Kemenag Halmahera Barat, H. Amir Tomagola saat menyampaikan Sambutan menuturkan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan telah dilaksanakan selama 8 hari, dan insya Allah 3 hari ke depan akan dilaksanakan bimbingan manasik haji tingkat kabupaten baik dilaksanakan pengisian materi dan juga akan dilaksanakan bimbingan manasik praktik lainnya, ujarnya.

"Untuk jama'ah haji kabupaten Halmahera barat yang telah siap dan telah memenuhi istita'ah sebanyak 73 jama'ah calon haji, dan insya Allah tanggal 18 Mei mereka akan telah meninggalkan Halmahera barat dan akan dilepaskan oleh pak Bupati untuk menuju asrama haji kota ternate, dan pada tanggal 19 mereka berangkat ke Embarkasi makassar dan tanggal 20 mereka berangkat menuju Madinnah," bebernya.

Dikatakan, mudah-mudahan jama'ah calon haji mendapat safa'at dan kesehatan dari Allah SWT dalam mengikuti bimbingan manasik haji sampai selesai dan mendapat perjalanan haji yang mabrur dan kembali ke tanah air dalam keadaan sehat walafiat.


Sementara, Bupati Halmahera Barat, James Uang dalam sambutannya mengatakan, ibadah haji merupakan rukun Islam yang ke 5 yang di wajibkan oleh tuhan untuk umatnya sekali seumur hidup untuk mendapatkan Rahmat Tuhan dalam melaksanakan ibadah dan wukuf di Arafah pada waktu tertentu.

"Dengan keberadaan kita di mekah kita dapat mengunjungi Ka'bah dan tempat-tempat lainnya untuk melakukan serangkaian ibadah dengan syarat-syarat ibadah yang telah ditetapkan," katanya.

Politisi partai demokrat ini mengemukakan, ibadah haji adalah yang wajib dilakukan kaum umat islam yang mampu, puasa untuk melaksanakan baik secara ekonomi, fisik, psikologi, keamanan dan lain-lain sebagainya akan dilaksanakan bimbingan manasik haji jama'ah haji kabupaten Halmahera barat 1445 Hijriah tahun 2024 masehi manasik haji adalah tata cara pelaksanaan ibadah baik umroh maupun haji dan merupakan hak yang tidak bisa di abaikan oleh seorang muslim dalam malaksanakan haji.

James menjelaskan, dalam manasik haji jamah haji akan mendapatkan pengetahuan dan tata cara beribadah dan haji yang tertib sesuai dengan rukun haji. Selanjutnya untuk menjadi haji yang mabrur tidak tergantung dari kita akan tetapi keseriusan dalam memahami ibadah haji pelatih yang akan membantu untuk bisa mendapatkan haji yang mabrur. Haji mabrur adalah haji yang mengantarkan ibadah lebih baik daripada sehari-hari sebelum berhaji akan tetapi tidak semua haji mabrur menjadi haji mabrur karena kemabruran haji ketikan orang di tentukan dengan beribadah dan amalnya setelah pelaksanaan haji.

Orang nomor 1 di Pemkab Halmahera Barat ini berpesan agar jama'ah haji dapat mengikuti manasik haji dengan baik dengan peraturan yang telah di tetapkan dan memotivasi bagi yang lain manasik haji bertujuan memberikan wawasan bagi para calon jamah haji dengan begitu  jama'ah haji mendapat gambaran pada pelaksanaan ibadah haji atau pada saat ibadah di tanah suci kita yang melaksanakan ibadah haji harus benar-benar berniat untuk mendapat Rahmat Tuhan bukan hanya perjalanan semata.

"Olehnya itu saya juga menghimbau kepada peserta bimbingan manasik haji untuk selalu memelihara dan menjaga kesehatan dengan sebaik-baik jangan menganggap remeh untuk memelihara kebugaran jasmani dan mental jangan sombong, jaga mulut dan menghindari kemarahan yang saudara-saudara laksanakan hormati masyarakat setempat karena itu akan menjadi tamu di negara lain," tandasnya. (Riko).

Tidak ada komentar