Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Lapas Jailolo Gelar Safari Ramadhan dan Penguatan Tugas

Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Kantor Lapas (Lembaga Permasyarakatan) Kelas IIB Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, Pada...


Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Kantor Lapas (Lembaga Permasyarakatan) Kelas IIB Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, Pada Kamis, (21/3/2024). Menggelar Safari Ramadhan & Penguatan Tugas dan  Fungsi oleh pimpinan tinggi kantor wilayah Maluku utara di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Jailolo.

Kegiatan ini berlangsung di Halaman Kantor Lapas Kelas IIB Jailolo yang dihadiri Kepala Lapas Kelas IIB Jailolo, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Maluku Utara, Kepala Lapas Tobelo, Imigrasi Tobelo dan Rutan Weda serta para Pegawai Lapas Jailolo.

Acara ini di awali dengan Pembacaan Ayat-ayat suci Al-quran oleh Rizki Ismail dan di isi penceramah, Ustad Saiful Albaar S.Pdi.

Kepala Kantor Lapas Kelas IIB Jailolo Halmahera Barat Suparno saat menyampaikan Sambutan ia menuturkan saya mengucapkan selamat datang kepada kepala lapas tobelo, imigrasi tobelo dan rutan Weda, di acara Safari Ramadhan dan penguatan tugas dan fungsi oleh pimpinan tinggi kantor wilayah Maluku utara.

"Dan selamat datang kepada Kakanwil Kemenkumham Maluku Utara, bapak ignatius ke lapas kelas IIB Jailolo, alhamdulillah terima kasih banyak tentunya sebagai anak jika kepalanya datang kami sangat bahagia. Perlu kami menyampaikan bahwa isi narapidana di sini sebanyak 83 orang, dan di dominasi perkara Kesusilaan dan Tipikor 19 orang," ujarnya.

Dikatakan, yang kami harapkan dari Kakanwil adalah penguatan tugas, semoga dengan adanya beliau di sini menambah semangat baru buat warga binaan lapas Jailolo, petugas dan lapas tobelo dan rutan Weda. 

Sementara, Kakanwil Kemenkumhan Maluku Utara, Ignatius Purwanto mengatakan pesan dari Dirjen permasyarakatan, sebentar lagi lembaga permasyarakatan akan berulang tahun, jangan sampai ada hal-hal yang firal apa yang suda di lakukan dengan baik.

"Kemarin dengan adanya kasus Uyakuya jadi tenggelam, semoga tidak ada yang firal. Dan silaturahmi perlu kita jalankan terus antar lembaga, dan sosialisasi Golden Visa jarang dilakukan jadi perlu diperkuat," paparnya.

Selain itu, kalau saya menilai pekerjaan di Maluku Utara suda baik, tidak ada hal-hal yang menonjol jika masalah sedikit itu biasa.

Terpisah, Ustad Saiful Albaar saat menyampaikan ceramahnya bahwa dalam bulan suci ramadhan ini kita sebagai umat Islam pentingnya meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah SWT, bulan ini juga di sebut bulan sholat selain kita berpuasa kita juga menunaikan ibadah 5 waktu, dan di rangkaian dengan tarawih dan witir.

Tarawih inipun setahun sekali tidak setiap hari, jadi yang kita laksanakan di bulan ini saja di bulan yang lain tidak ada, dan bulan ini juga di sebut bulan Pertalite artinya perbanyak tilawah dan tahajud, tahajud bisa di lakukan di bulan-bulan yang lain sedangkan tarawih hanya di bulan ini jadi jangan sia-siakan kesempatan yang Allah SWT berikan ini," imbuhnya.

Kata dia, karena dalam 12 bulan ini bagi kita Allah muliakan namanya Ramadhan, ramadhan dalam al'quran artinya pembatas yang namanya manusia tidak luput dari sifat salah, hilaf kemudian kita lalai kepada Allah SWT di bulan-bulan lain biasanya sikut sana sikut sini, Fitnah sana fitnah sini, Hibah sana hibah sini di bulan yang lain tetapi pada bulan ini kita di tekan dengan puasa yang khusus.

Mengutip pernyataan Imam Al Gazali membagikan puasa ini ada 3 tahapan yang pertama puasa umum yaitu tahan makan, tahan minum dan tahan lapar kedua, puasa khusus tahan semua nama dan ketiga puasa husus bilhusus yang paling tertinggi artinya segala sesuatu dari pencaindra di jaga mulai dari mata tetap berpuasa, telinga tetap berpuasa, nafsu tetap berpuasa dan hati tetap berpuasa, untuk itu jangan sampai ada pikiran negatif yang terlintas di pikiran kita karena itu akan mengurangi nilai ibadah.

Di akhir ceramahnya ia mengemukakan, kita pergunakan ramadhan ini sebaik-baiknya di tahun 2024, atau 1445 Masehi ini kita pergunakan sebaik-baiknya, karena tidak ada jaminan di kita untuk kita bisa bertemu dengan ramadhan yang akan datang. " Kita tengok teman kita saudara kita yang duduk di samping, tetapi hari ini mereka telah mendahului kita telah kembali kepada Allah SWT untuk itu di momentum Ramadhan ini kita betul-betul berpacu kualitas imam kita, jiwa untuk selalu betul-betul dekat dengan Allah SWT dengan melaksanakan seluruh amaliah-amaliah ramadhan yang telah di ajarkan Baginda Muhammad SAW," tandasnya mengakhiri. (Riko).

Tidak ada komentar