Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Lapas Kelas IIB Jailolo Gelar Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445 H

Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Ma...


Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Jailolo Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut), Pada Senin, (5/2/2024). Menggelar Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1445 H dengan mengusung Tema "Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Antar Sesama Warga Binaan Lapas Kelas IIB Jailolo".

Kegiatan ini berlangsung di Kantor Lapas Jailolo yang di hadiri, Wakil bupati, Djufri Muhammad, kepala lembaga pemasyarakatan kelas IIB Jailolo, Suparno, A.Md,IP, SH, M.Si, kepala kantor kementrian agama halbar, Drs. H. Amir Tomagola, M.M., M.H., kabag humas halbar, Ramli Naser, Kasi Binmas Islam, Salmin Fomanyira, S.Hi,.

Dan Ustad. Saiful Albaar, S.Pdi membawakan Ceramah.Wakil Bupati Halmahera Barat, Djufri Muhamad dalam Sambutannya menyampaikan, peristiwa isra mi'raj adalah suatu peristiwa yang paling agung dalam sejarah Islam. Merupakan perjalanan spritual yang mengangkat nabi Muhammad SAW melalui langit dan memberikan pesan-pesan penting bagi umat manusia. Dalam momen ini, kita tidak hanya mengenang keagungan perjalanan Rasulullah SAW, tetapi juga mengambil pelajaran berharga tentang keteguhan iman, kesabaran dan keistimewaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tutur djufri.

"Hari ini saya hadir mewakili pemerintahan sebagai simbol, untuk mendukung kerukunan beragama serta semangat untuk terus memperjuangkan nilai-nilai kebaikan dan keadilan dalam masyarakat," ujar Wakil Bupati Halmahera Barat.

Politisi partai Nasdem Halmahera Barat ini mengatakan, dalam peringatan isra mi'raj ini, mari kita semua bersama-sama merenungkan makna dan pesan yang terkandung di dalamnya. Mari kita terus menggali kearifan dan keteladanan dari perjalanan spritual nabi Muhammad SAW untuk di jadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam beribadah maupun dalam berinteraksi dengan sesama manusia.

Akhir kata, marilah kita terus berupaya menjaga persatuan, kesatuan dan kebersamaan dalam keberagaman, serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yang di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, paparnya.

"Tapi sebelum saya tutup sambutan ini izinkan menyampaikan beberapa pantun," katanya.

Bunyi pantunnya, : Isra mi,raj tiba, momen penuh keberkahan dalam hati kita penuh dengan keimanan semoga pedoman rasul jadi pedoman hidup kita menuju jalan lurus, tak tergelincir dalam kesesatan, pungkasnya.

Sementara, Kalapas Kelas IIB Jailolo, Suparno, menuturkan terima kasih saya sampaikan kepada jama'ah dengan tulus ikhlas meringankan langkah meluangkan waktu, untuk bersilaturahmi di lapangan Lapas Kelas IIB Jailolo mendengarkan ceramah agama yang insya Allah sebentar lagi akan di sampaikan oleh Saiful Albaar S.Pd.i.

"Isra Mi'raj adalah peristiwa luar biasa sehingga merupakan mukjizat yang begitu besar bagi kerasulan Nabi Muhammad SAW. Isra Miraj terjadi pada diri beliau di lakukan dengan ruh dan jasad dan dalam waktu kurang dari satu malam. Hal ini, kalau hanya di lihat dari pendekatan akal pikiran dan nalar manusia yang sangat terbatas, maka peristiwa tersebut sangatlah irasional," imbuhnya.

Pria asal Jawa ini, mengatakan sebagai umat Islam suda sewajarnya kita lebih kenal dekat junjungan nabi besar Muhammad SAW. Semua itu semata-mata untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. Dengan demikian kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dapat menjalankan perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

"Mudah-mudahan peringatan isra miraj ini menjadikan hati kita semakin dekat dengan Allah SWT, juga dapat memberikan tambahan wawasan agama kepada kita semua, dan semoga Allah SWT senantiasa merahmati menuju bangsa lebih maju dan bermanfaat," tandas Kalapas Jailolo.**(riko).

Tidak ada komentar