Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Bawaslu Halmahera Barat Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahun 2024

Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Badan Pengawasan Pemilu Umum (Bawaslu), Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut), Mengg...


Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Badan Pengawasan Pemilu Umum (Bawaslu), Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut), Menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 dengan Mengusung Tema "Bersama Rakyat Awasi Pemilu  Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu".

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Sasadu Desa Acango, Kecamatan Jailolo yang di hadiri, ketua Bawaslu Provinsi atau diwakili, Ketua Bawaslu Halmahera Barat, Kepala Kejari Halmahera Barat, Kapolres Halmahera Barat, Danyonif 732 Banau dan jajaran sekretariat Bawaslu Halmahera Barat serta para peserta siaga Pengawasan.

Ketua Bawaslu Halmahera Barat, Nimbrot Lasa, menuturkan terkait apel siaga pengawasan ini, bawaslu kabupaten halmahera barat mengikuti tata cara yang di buat, bawaslu RI, kata nimbrot kepada koranmalut, usai menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024, Minggu, (11/2/2023).

"Setelah bawaslu RI melakukan apel siaga persiapan pemungutan atau persiapan masa tenang di ikuti bawaslu Provinsi kemudian 10 kabupaten/kota melaksanakan apel siaga serentak menjelang pungut hitung," ujar jebolan aktivis GMNI itu.

Nimbrot mengatakan, jadi dalam apel siaga ini ada beberapa poin yang perlu di siapkan bawaslu dalam hal ini menyangkut kerja-kerja pengawasan, kerja-kerja lembaga, persiapan pungut hitung dan penertiban alat peraga kampanye.

"Termasuk pengawasan secara ketat di masa tenang, karena masa tenang mulai tanggal 11 sampai tanggal 13 Februari, itu tidak ada kegiatan kampanye," bebernya.

Kepala Pengawas ini mengaku, masa tenang itu kampanye dalam bentuk apapun tidak di perbolehkan misalnya berita-berita mengenai citra pemilu tidak bole di muat jadi bawaslu di arahkan untuk mengawasi Fesbook, WA, tiktok dan media online.

"Saya berharap pelaksanaan Pemilu tetap damai dan berjalan dengan baik supaya demokrasi di Halmahera Barat menjadi bersih, kita berusaha agar tidak terjadi hal-hal yang seperti pemilu-pemilu sebelumnya," tandas nimbrot mengakhiri.

Sementara Kapolres Halmahera Barat, AKBP Erlichson, mengatakan untuk pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024, kami menerjunkan 222 personil di tambah 33 brimob yang bertugas mengamankan persiapan pemungutan suara atau persiapan masa tenang, sampai selesai pencoblosan nantinya.

"Jadi 222 personil ini, kita bagi di seluruh TPS ada 2 personil yang mengawasi 2 TPS, ada juga 1 personil mengawasi 1 TPS, itu nanti tergantung pola pam yang kami buat," ucap jebolan Akpol 2005 itu.

"Harapannya yang jelas keamanan dan ketertiban terjaga, dan hal-hal yang berkaitan dengan keamanan itu, bisa kita cegat," pungkasnya.

Terpisah, Kepala Kejari Halmahera Barat, Kusuma Jaya Bulo, mengemukakan pelanggaran pemilu itu masuk di Gakkumdu, dan pelanggaran pemilu ada batas waktunya, maka di buatlah Gakkumdu di mana tiap laporan kemudian tiap dugaan adanya tindak pidana pemilu di bahas di gakkumdu.mantan Kepala Kejari Mamasa ini, bilang jadi mudah-mudahan mereka Profesional, mudah-mudahan sesuai arahan Presiden, bahwa pemilu riang gembira aman dan damai.

"Selain itu teman-teman peserta pemilu mudah-mudahan mengerti itu semua, yang namanya pilihan itu tergantung masyarakat, menang kala itu biasa," ucapnya.**(riko).

Tidak ada komentar