Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Buka Konsultasi Publik Penyusunan Awal RPJPD, Djufri; Harap Dapat Menghimpun Aspirasi Masyarakat

Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut), Djufri Muhamad membuka Acara For...


Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara (Malut), Djufri Muhamad membuka Acara Forum Konsultasi Publik Penyusunan RPJPD Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Barat Tahun 2025, di Aula Baikole lantai 2 Kantor Bupati, Kamis, (25/1/2024).

Pada kesempatan itu, Djufri mengemukakan, di kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan beberapa arahan menteri perencanaan pembangunan nasional/BAPPENAS pada acara forum konsultasi publik dalam rangka penyusunan RPJMN periode tahun 2025-2029 dan rancangan awal rencana kerja pemerintah tahun 2025 pada tanggal 28 desember 2023 yang lalu, yaitu:

1. Penyusunan perencanaan pembangunan membutuhkan sinergi, integritas dan koordinasi antar pemangku kepentingan;

2. Sinkronisasi perencanaan dan daerah perlu diperkuat melalui berbagai rangkaian kordinasi dan musyawarah perencanaan pembangunan;

3. Rencana kerja pemerintah tahun 2025 merupakan tahun pertama pelaksanaan RPJMN periode tahun 2025-2029 dari penjabaran RPJPN periode 2025-2045;

RKP tahun 2025 dan RPJMN periode tahun 2025-2045 menjadi pondasi penting dalam mencapai sasaran dan target RPJPN periode tahun 2025-2045 menuju visi Indonesia emas 2045. RPJMN ini merupakan pondasi terpenting sebagai pedoman kinerja semua kementrian/lembaga dan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota.

"Dari arahan tersebut, pemerintah kabupaten halmahera barat dalam penyusunan RKPD tahun 2025 selain menyelesaikan permasalahan pembangunan daerah tingkat daerah, tentu harus mempedomani dan mendukung program prioritas nasional dan provinsi," ungkapnya.

Ketua DPD Partai Nasdem Halmahera Barat ini mengatakan, Isu strategis dan permasalahan nasional sangat relevan dengan kondisi yang ada di daerah, khususnya di kabupaten halmahera barat.

"Selaku pimpinan daerah, RPJPD tahun 2025 ini merupakan perencanaan tahun terakhir pada pemerintahan kami selaku wakil bupati bersama bupati james uang, di periode pertama untuk masa bakti 2021-2026," paparnya.

Dikatakan, sehingga kebijakan pembangunan kabupaten halmahera barat tahun 2025 kedepan di arahkan untuk penyelesaian isu-isu strategis nasional, pencapaian target indikator standar pelayanan minimal (SPM), percepatan pemulihan ekonomi serta penyelesaian program prioritas kepala daerah.

"Visi pemerintah kabupaten halmahera barat 2021-2026 yaitu "Mewujudkan masyarakat halmahera barat yang aman, adil dan sejahtera" oleh karenanya penyusunan RPJPD tahun 2025 harus lebih cermat serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah kabupaten halmahera barat secara cepat dan tepat," bebernya.

Penyusunan tahun 2025 juga harus lebih adaptif, integratif dan mampu menjawab permasalahan serta tantangan yang di hadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat dan strategis, imbuh djufri.

"Melalui forum ini saya berharap dapat menghimpun aspirasi atau harapan masyarakat terhadap prioritas, sasaran dan program pembangunan daerah sehingga nantinya dapat diperoleh komitmen dari para pemangku kepentingan pembangunan. Hal ini menuntut desain perencanaan yang tidak hanya ideal di level tekstual tapi mampu diimplementasikan secara kontekstual, seiring perubahan paradigma dari kerja menjadi kinerja," ujar Wakil Daerah.

"Saya kembali menekankan perlunya suatu dokumen perencanaan yang responsif, antisipatif, dan fleksibel sebagai kolaborasi lintas sektor. Dalam upaya mencapai sasaran kerja bersama itu, saya kembali mengingatkan kepada seluruh komponen dan stakeholder kabupaten halmahera barat agar dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahun 2025 memperhatikan penyelesaian program prioritas pembangunan daerah sesuai RPJMD kabupaten halmahera barat tahun 2021-2026," tuturnya.

Kata dia, adapun rancangan tema pembangunan untuk tahun 2025 adalah "Menciptakan kemandirian dan daya saing ekonomi yang berkelanjutan".

"Tema tersebut mempertegas sekaligus memperteguh kembali komitmen kami untuk mendukung visi kabupaten halmahera barat tahun 2045 yaitu mandiri dan berkelanjutan," tuturnya.

Selanjutnya untuk mencapai target pembangunan yang telah ditetapkan, menjadi penting kiranya untuk membangun kondusivitas di kabupaten halmahera barat, dalam menyambut pesta demokrasi di bulan februari ini," ucap djufri.

Diketahui dalam kegiatan ini dihadiri, Pimpinan beserta anggota DPRD Halbar, Unsur Forkopimda Halbar, Danyon 732/Banau, Sekda, para Staf Ahli, para Asisten dan Pimpinan Perangkat Daerah serta Instansi Vertikal Lingkup Pemda Halbar, serta para Camat se-Halbar. (riko).

Tidak ada komentar