Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Togammoloka dan Masyarakat Galela Turut Sukseskan Rehabilitasi DAS II Galela Halut

Halut. KoranMalut.Co.Id - AMPP TOGAMMOLOKA juga Masyarakat Galela di kabarkan siap kawal penilaian akhir Rehabilitasi kawasan Daerah Aliran ...


Halut. KoranMalut.Co.Id - AMPP TOGAMMOLOKA juga Masyarakat Galela di kabarkan siap kawal penilaian akhir Rehabilitasi kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) II Galela Halmahera Utara sampai selesai. Jumat (13/10/2023).

Rehab DAS II Galela di mulai sejak tahun 2017 dan pasalnya mengalami permasalahan bahkan di di kabarkan tidak menjalankan rehab DAS II dan kali ini tahun 2023 sudah mulai terlaksana penilaian akhir sebagai syarat selesainya Program Rehabilitasi DAS di Galela.

Program  tersebut oleh PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) sebagai pemegang Izin yang di laksanakan PT. SARBI sejak tahun 2017. Program tersebut sebagai tanggung jawab pihak perusahaan atas pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH).

Mengenai dengan perkembangan Rehab DAS II Ketua Umum Ampp-Togammoloka M. Iram Galela Melaporkan bahwa program tersebut sudah dalam tahapan penyelesaian 

"Sementara sudah 4 hari tim gabungan diantaranya BPDASHL Ake Malamo, Dinas Kehutanan Provinsi Maluku Utara, KPH Halut-Morotai, PT. NHM, PT. SARBI dan juga di libatkan unsur masyarakat Desa Togawa Besi, Togawa, Soakonora, Igobula dan Desa Samuda".

PAO Ampp-Togammoloka Fuji Pangandro juga mengkonfirmasikan hal yang sama dan ia mengatakan tetap berkomitmen menyelesaikan Rehab DAS II 

"Total penilaian akhir kurang lebih 1.968 Hektar yang itu sementara dilaksanakan, alhamdulillah sampai saat ini tetap berkomitmen untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan yang di maksud".

Anto Muda mewakili Masyarakat Soakonora menyebutkan Torang (kami) masyarakat Galela bersyukur dengan program ini karena nanti tanaman-tanaman itu jadi milik torang (kami) semua dan bisa dimanfaatkan di kemudian hari. Dan kami akan tetap mengawal sampai selesai.**(am)

Tidak ada komentar