Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

PT.NHM Tak Serius Selesaikan Rehab DAS II Galela, Ini Kata Camat Galela Selatan

Camat Galela Selatan; Arif Rizaldi Skm.Mph . Halut, KoranMalut.Co.Id - Rehabilitasi kawasan DAS oleh PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) di ke...

Camat Galela Selatan; Arif Rizaldi Skm.Mph.
Halut, KoranMalut.Co.Id - Rehabilitasi kawasan DAS oleh PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM) di kecamatan Galela Halmahera Utara melalui PT. Sarbi Moherhani Lestari sebagai perusahan pemenang tender untuk rehab Daerah Aliran Sungai (DAS) yang informasinya  melibatkan petani kecamatan Galela selatan dan tidak ada kejelasan mengenai status kepemilikan tanaman oleh PT NHM., Selasa (20/09/2023)

Hal ini di benarkan oleh Arif Rizaldi Skm.Mph selaku camat Galela selatan ketika di hubungi oleh awak media menjelaskan bahwa dari tahun 2017 sampai saat ini belum juga ada kepastian mengenai status kepemilikan dari luas area proyek reboisasi Rehab DAS II seluas 1.966 Ha, "Masyarakat dan petani penggarap bisa membabat semua tanaman itu, karna tanaman itu diatas tanah mereka dan belum ada kejelasan dari PT. NHM dan PT. Sarbi ML bahwa status tanaman tersebut benar-benar secara sah dan remisi di berikan kepada mereka", Jelasnya.

Tidak hanya itu menurutnya dari tahun 2017 sampai 2023 PT. NHM dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) juga tidak melakukan penilaian akhir tanaman secara prosedur teknis dan penyerahan dokumen kepada pemerintah sebagai bukti tanggung jawab pemegang IPPKH. 

"Saya khawatir jangan sampai pihak PT. NHM lari dari tanggung jawabnya, sebab ini sudah kurang lebih 6 tahun sejak 2017" Ucapnya.

Camat Galela selatan berharap bahwa PT NHM segera selesaikan Rehab DAS di kecamatan Galela, karena Masyarakat petani penggarap hanya meminta kepastian dari pihak PT. NHM.

"Kami tidak tau apa kendalanya, itu urusan perusahaan, sedangkan kami masyarakat hanya berharap secepatnya di selesaikan mengenai rehab DAS" Tutupnya.**(red/tim).

Tidak ada komentar