Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Demi Keselamatan Nelayan di Laut, Lanal Morotai Beri Bantuan Pelampung

MOROTAI, KoranMalut.Co.Id -- Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) Mako Lanal Pulau Morotai,Maluku Utara, bersama Pemerintah Daerah (Pemda) ...


MOROTAI, KoranMalut.Co.Id -- Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) Mako Lanal Pulau Morotai,Maluku Utara, bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Plau Morotai melakukan sosialisasi keselamatan masyarakat nelayan saat melaut.

Kegiatan sosialisasi digelar di aula Pulau  Dodola Lanal Morotai, Kamis (3/8) dengan tema "(Komsosmar) Komunikasi Sosial Maritim Tahun 2023 Dengan Komponen Pemerintah (Kompem)"

Kesemapatan itu, Ketua Tim Komsosmar Spotmaral Mabesal, Kolonel Laut (P) Indra Joko Reraring, bersama Komandan Lanal, Letkol Laut (P) Mukawat Kamarudin, memberikan bantuan berupa alat perlengkapan nelayan berupa pelampung kepada nelayan morotai. 

Menurut Danlanal, kegiatan ini adalah program TNI AL mensosialisasikan atas terwujud kepedulian kita dengan masyarakat khusunya di Pulau Morotai. 

"Ini adalah bentuk kepedulian TNI Angkatan Laut yang diteruskan oleh Lanal Morotai," Kata Danlanal. Sebab, saat ini beberapa kejadian terhadap nelayan yang mengalami kecelakaan di laut.

"Jadi, ada beberapa kejadian nelayan yang tenggelam rata-rata meninggal," ujarnya.


Danlanal mengungkap, kurang lebih tiga bulan ia menjabat sebagai Komandan Lanal Morotai, Sudah empat nelayan mengalami kecelakaan di laut.

"Kurang lebih ada 4 nelayan, Nelayan di Morotai Timur, di Pulau Rao satu orang ditemukan meninggal kemudian satu kapal dari Bitung dan kita melakukan pencarian dengan kapal KRI dan Pesawat JN," ungkapnya.

Pencarian saat nelayan hilang di laut, Lanal bersama melibatkan instansi terkait juga. "Jadi begitu pencarian kita libatkan personel TNI AL terus kita juga kerja sama dengan pihak Basarnas," tuturnya..

Ia menyampaikan, Lanal Morotai juga miliki satu KAL Wayabula kemudian speedboat patroli dan lainya.

"Lanal Morotai juga punya satu Pos AL di Bere-Bere Morotai Utara, karena nelayan banyak disekitar sana (Morotai Utara)," paparnya.

Mengatasi itu, salah satu tujuannya adalah memberikan sosialisasi ke masyarakat nelayan, Supaya nelayan bisa beraktifitas di laut tidak terjadi hal-hal yang diinginkan 

"Karena kondisinya laut kita sangat bebas. Untuk menjaga keselamatan, maka nelayan harus dilengkapi dengan alat perlengkapan keselamatan di laut," tandas Danlanal.**(red).

Tidak ada komentar