Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Golkar Memutuskan Tetap Nomor urut Empat Pemilu 2024

KoranMalut.Co.Id - Partai Golongan Karya (Golkar) memutuskan untuk tetap menggunakan nomor urut empat pada Pemilu 2024 mendatang. Dengan dem...


KoranMalut.Co.Id -
Partai Golongan Karya (Golkar) memutuskan untuk tetap menggunakan nomor urut empat pada Pemilu 2024 mendatang.

Dengan demikian, Golkar memilih opsi pertama pada peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2022 tentang Pemilu yang diteken Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan efektif berlaku sejak Senin (12/12).

"Golkar memutuskan untuk tetap di nomor lama," kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin saat dihubungi, Rabu (14/12).

Nurul mengatakan keputusan itu telah ditetapkan melalui diskusi bersama. Selain itu, nomor urut juga memiliki makna filosofis yang sekaligus membangun nilai yang disebarkan pada konstituen,.dilansir dari (CNN Indonesia)

"Semua nomor dan angka sama bagusnya. Kita bisa membangun filosofi dari angka," ujarnya.

Perppu Nomor 1 tahun 2022 perubahan atas UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu itu sebelumya memberikan opsi kepada partai yang ingin bertahan pada nomor lama pada Pemilu 2019 atau ikut undian nomor baru di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Namun, undian hanya dilakukan untuk nomor-nomor yang masih tersedia, terutama terhadap nomor yang ditinggalkan karena partai tak lolos verifikasi di KPU dan dipastikan tak ikut Pemilu 2024. Di 10 teratas, nomor yang ditinggalkan antara lain nomor urut 7,8, dan 9.**(red).

Tidak ada komentar