Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Musrembang RKPD Tahun 2023 Resmi di Buka, Ini Pesan Bupati Aliong Mus

TALIABU, KoranMalut.Co.Id - Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, Aliong Mus membuka dengan resmi Forum Perangkat Daerah (...


TALIABU, KoranMalut.Co.Id - Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara, Aliong Mus membuka dengan resmi Forum Perangkat Daerah (PD) kegiatan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2023, Senin (14/3/2022).

Musrenbang ini mengusung tema:  "Mewujudkan Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi dan Kemandirian Pangan".

" Dalam sambutannya, Bupati Aliong  mengatakan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang Kabupaten dilaksanakan guna penyusunan RKPD Tahun Anggaran 2023 dan sebagai dasar penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Pulau Taliabu Tahun Anggaran 2023.

"Hal ini merupakan salah satu tahapan proses perencanaan pembangunan sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah," kata Bupati.

" Menurutnya, pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2023 merupakan penjabaran Tahun Kedua dari RPJMD Kabupaten Pulau Taliabu Tahun 2021-2026. Beberapa isu strategis dan permasalahan pembangunan yang masih dihadapi di Kabupaten Pulau Taliabu antara lain meningkatnya tuntutan masyarakat untuk pemenuhan pelayanan kebutuhan dasar, belum optimalnya implementasi penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik, dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pulau Taliabu masih berada di bawah rata-rata Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara.

"Berdasarkan ketiga isu strategis daerah dan berpedoman pada RPJMD Kabupaten Pulau Taliabu Tahun 2021-2026 serta mengacu pada Rancangan Tema Pembangunan Nasional dan Tema Pembangunan Provinsi Maluku Utara, sambung Bupati, maka sesuai dengan tema pembangunan dimaksud, mengarahkan untuk fokus pada Lima Prioritas Pembangunan Tahun 2023, yaitu:

"Pembangunan Sumber Daya Manusia dan peningkatan akses pelayanan kesehatan Pembangunan Infrastruktur Peningkatan Pelayanan Publik Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi melalui penguatan sektor pertanian dan perkebunan, perikanan dan pariwisata Peningkatan Kemandirian Pangan Pada momen tersebut, Bupati seluruh lembaga dan komponen masyarakat bersama-sama mewujudkan visi pembangunan daerah yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Pulau Taliabu Tahun 2021-2026.

" Mari kita mewujudkan masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu yang unggul, berakhlak mulia, mandiri dan sejahtera. Dalam rangka mewujudkan visi daerah tersebut di antaranya melalui Penyusunan RKPD Tahun 2023 yang sementara kita laksanakan saat ini," ucapnya.

" Untuk itu, Bupati meminta kepada semua Pimpinan OPD dan Aparatur di Perangkat Daerah serta seluruh stakeholder untuk berpikiran terbuka, memiliki visi ke depan yang integratif dan inovatif.

"Bappeda harus mengkoordinir seluruh Perangkat Daerah agar mampu mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur sehingga diharapkan penyelenggaraan pembangunan pada tahun 2023 lebih terarah, terukur dan akuntabel serta mampu menjawab permasalahan pembangunan yang dihadapi Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu secara cepat dan tepat", tuturnya**(fr).

Tidak ada komentar