Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Ketua Pokja UT Taliabu, Apresiasi Kebijakan Pemkab Komitmen Peningkatan SDM

Ketua Pokja UT, (Silliwanus Tono Himalaya) TALIABU, KoranMalut.Co.Id - Universitas Terbuka (UT) cabang Ternate di kabupaten Pulau Taliabu mu...

Ketua Pokja UT, (Silliwanus Tono Himalaya)

TALIABU, KoranMalut.Co.Id - Universitas Terbuka (UT) cabang Ternate di kabupaten Pulau Taliabu mulai gelar kegiatan Masa Orientasi Mahasiswa Baru.,Rabu (9/3/22) pagi tadi.

Kegiatan yang digelar Masyarakat kampus itu di buka Wakil Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Ramli bertempat di aula kantor Bupati pulau Taliabu.

Salah satu ketua Pokja yang juga selaku dosen UT Taliabu, Silliwanus Tono Himalaya mengatakan, jumlah peserta masa orientasi mahasiswa UT di pulau Taliabu ini berjumlah 115 orang yang terdiri dari pejabat publik maupun masyarakat yang pembiayaannya di bebankan melalui APBD kabupaten.

Bang Tono, bagitu sapaan akrab akademisi yang pernah menggeluti dunia politik itu mengatakan sangat mengapresiasi Keseriusan kebijakan pemerintah daerah (Pemda) dalam hal komitmen terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia di daerah itu.

"Tahun ini Jumlah peserta 115 orang, ini adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia di kabupaten Pulau Taliabu yang sangat luar biasa" Ungkapnya kepada media ini usai pembukaan kegiatan (9/3/22) siang kemarin.

Dijelaskan, Universitas Terbuka cabang Ternate di kabupaten Pulau Taliabu saat ini memiliki sedikitnya lima program study yang terdiri dari Study Ilmu Pemerintahan, Study Ilmu Administrasi negara, Study PGSD, Study PGTK dan study ilmu Ekonomi manajemen.

"Untuk kuliahnya, proses tatap mukanya 50 persen, sisanya yang 50 Persen itu kuliah online" jelasnya.

Selain Program study Strata Satu (S1), UT Taliabu juga akan membuka kelas bagi program S2.

"Ini ada mau buka kelas S2 lagi untuk konsentrasi magister administrasi publik" bebernya.

Selain UT cabang ternate, pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu juga bekerjasama dengan pihak universitas Bumi Hijrah Tidore untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia di kabupaten Pulau Taliabu.

Hal itu ditandai dengan adanya penandatanganan MoU antara Bupati Aliong Mus bersama pihak Perguruan Tinggi Bumi Hijrah Tidore.

MoU antara Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu dan Bumi Hijrah Tidore itu menurut Bupati hal itu sebagai implementasi dari visi misi Bupati dan Wakil Bupati Aliong Mus - Ramli dalam meningkatkan Sumberdaya Manusia untuk mendukung pembangunan di kabupaten Pulau Taliabu.

"Kedepan Nanti mungkin kita bisa mengirim ASN atau Guru - Guru yang mungkin belum S1 atau SII. selain itu agar mahasiswa mahasiswa dari Universitas Bumi Hijrah Tidore bisa datang kesini untuk melakukan Kuliah Kerja nyata" Ujarnya.

Kata dia, dengan adanya penandatanganan kesepakatan memorandum Of Understanding (MoU) ini, maka kesepakatan antara kedua belah untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan upaya untuk mewujudkan Tri darma perguruan tinggi di kabupaten Pulau Taliabu mulai berlaku tahun 2021.

"Kita Tahun ini 250 calon mahasiswa yang telah disiapkan anggarannya", Jelasnya.

Selain dua Universitas di Malut, Aliong Mus juga menyebutkan bahwa pemkab Taliabu juga bekerja sama dengan universitas Ternama di Indonesia seperti UGM maupun Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sesuai penganggarannya, maka 250 Mahasiswa yang telah dianggarkan pada APBD tahun ini akan menikmati pendidikan di perguruan tinggi secara gratis sebab seluruh pembiayaannya menjadi tanggungan pemkab Taliabu.**(fr)

Tidak ada komentar