Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Wabup Pulau Taliabu Buka Sosialisasi GNRM

TALIABU, KoranMalut.Co.Id - Wakil Bupati kabupaten pulau taliabu Ramli. menghadiri sekaligus membuka sosialisasi wawasan kebangsaan dan perc...


TALIABU, KoranMalut.Co.Id - Wakil Bupati kabupaten pulau taliabu Ramli. menghadiri sekaligus membuka sosialisasi wawasan kebangsaan dan percepatan pembentukan pengurus dan sekretariat pusat pendidikan wawasan kebangsaan kabupaten pulau taliabu periode 2021-2025. Sosialisasi percepatan pembentukan gugus tugas gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), Bertempat di aula kantor bupati kamis, (23/12/21).

" Tampak hadir pada acara tersebut, direktur Bina Ideologi karakter wawasan kebangsaan (Dirjen Polpum Kemendagri) DRS. Drajat Wisnu Setyawan MM. para pimpinan organisasi perangkat daerah OPD  di lingkup pemerintah daerah pulau taliabu, serta Camat Kepala Desa sekabupaten pulau taliabu, OKP - ORMAS dan HMT.

"Wakil bupati Ramli. Dalam sambutanya, Mengatakan bahwa, parah pendiri negara yang keberadaan masyarakat yang majemuk merupakan kekayaan bangsa Indonesia harus diakui diterima dihormati dijaga satu tingkat oleh satu identitas.

Menurutnya, Mereka telah mewujudkan konsep kebangsaan dan penegarawan yang berkaitan dengan Dasar Negara yaitu, Pancasila. Konstruksi Negara yaitu UUD 1945. bentuk Negara kesatuan Republik Indonesia dengan bhineka tunggal ika. sebagai semboyon wawasan kebangsaan. Konsep kebangsaan tersebut. mencerminkan karakter bangsa yang diwujudkan dengan tujuan untuk mempersatukan kemajemukan yang ada dalam wilayah negara Republik Indonesia.,ungkapnya.

"Oleh karena itu. wawasan kebangsaan penting bagi kita karena merupakan bentuk pengukuhan NKRI. bagi bangsa yang kuat. yang bersatu berdaya saing dan terjaganya sejarah dan bangsa ini. wawasan kebangsaan ini diselenggarakan dengan tujuan;

- Untuk memberikan pemahaman khusus kepada seluruh komponen bangsa dan masyarakat pulau taliabu khususnya,  indonesia memiliki ciri has, kebihnekan ras suku dan budaya agama dan kita bertekad untuk menjadi satu bangsa satu tanah air. dengan satu bahasa-bahasa indonesia.

-  Menguatkan rasa nasionalisme atau rasa kebangsaan sebagian dari identitas dunia yang bermartabat, sehingga memberikan kesadaran bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dengan seluruh potensi alam dan penduduknya yang wajib dijaga  dari upaya-upaya pelemahan dan penguasaan oleh bangsa lain. 

-  Menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan serta tetap tegaknya kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia.

- Menyegarkan kembali pemahaman terhadap empat pilar kehidupan berbangsa, serta melestarikan nilai-nilai sosial budaya 

- Meredam berkembangnya penonjolan sikap primordialisme sempit, kesukuan, kedaerahan dan mencegah disintegrasi bangsa. 

Harapan yang ingin dicapai melalui sosialisasi ini adalah, tumbuh suburnya nilai-nilai  kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain,  mengembangkan sikap toleransi dan menyemburkan proses pembauran antara seluruh elemen, disamping itu dengan mengamalkan pemahaman kita terhadap wawasan kebangsaan, akan dapat terwujud kehidupan masyarakat pulau taliabu yang rukun, damai, solid dan harmonis demi terwujudnya kondusifitas wilayah persatuan dan kesatuan bangsa., cetusnya.

Dalam kesempatan tersebut, kepala badan kesatuan bangsa dan politik Kesbangpol pulau taliabu Husain adam mengatakan,  dari 514 kabupaten kota se-indonesia taliabu yang mendapat penghargaan tersebut.

Berkaitan dengan desa toleransi desa gotong royong, dari 514 kabupaten kota se - indonesia Taliabu yang telah melakukan pencernaan itu kemudian sambil menunggu prasasti yang ditandatangani oleh menteri dalam negeri kemudian di bulan Januari kita akan memasang prasasti itu di dua desa di kabupaten pulau Taliabu desa Wayo desa Gela menjadi Pailot Projek dari 514 kabupaten kota se-Indonesia.

Gugus tugas mandiri di taliabu dipusatkan oleh masing-masing SKPD yang berada pada masing-masing. Upaya terobosan inovasi yang dilakukan oleh kami dalam rangka percepatan pembangunan kabupaten Pulau Taliabu.,tutupnya.**(is).

Tidak ada komentar