Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Bupati Taliabu Menandatangani Program BAKTI 2021

JAKARTA, KoranMalut.Co.Id - Bupati Pulau Taliabu, H. Aliong Mus kembali menghadiri acara penandatangan Perjanjian Pinjam Pakai Lahan pemban...


JAKARTA, KoranMalut.Co.Id - Bupati Pulau Taliabu, H. Aliong Mus kembali menghadiri acara penandatangan Perjanjian Pinjam Pakai Lahan pembangunan BTS (base transceiver station) USO (universal service obligation), khususnya di daerah-daerah pelosok, 

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) kembali melakukan penandatanganan kerja sama dengan Kepala Daerah terkait Perjanjian Pinjam Pakai Lahan Milik untuk pembangun tower. Untuk Tahun 2021 ini Pemda Pulau Taliabu mendapat 39 Tower, 1 unit Tower POI (point of interconnection) atau titik interkoneksi dan 2 unit tower Repeater. 

Direktur Utama BAKTI, Anang Latif  menyampaikan, penandatanganan kerja sama ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah. dalam aturan tersebut disebutkan bahwa BAKTI memiliki kewajiban untuk menyediakan BTS, dan Pemerintah Kabupaten berkewajiban untuk menyediakan lahan pendirian BTS.

Kerja sama semacam ini sangat diperlukan, karena dalam pembangunan BTS memerlukan lahan dan dukungan masyarakat setempat agar pekerjaan berjalan lancar dan masyarakat segera dapat memanfaatkan pembangunan BTS tersebut,” tutur Anang Latief di acara penandatanganan kerja sama dengan  Kepala Daerah, di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (13/12/2021) pagi tadi.

Selain itu, BAKTI juga telah merilis elektronik USO (e-USO) yang merupakan aplikasi untuk permohonan akses internet, BTS, satelit dan fiber optik. Aplikasi ini akan memudahkan pengajuan permohonan dengan format isian yang seragam beserta cara mengisi.

Dengan e-USO, masing-masing Pemda sudah memiliki akun, sehingga memudahkan untuk pengajuan, dan akan terlihat tahapan-tahapan yang telah dilakukan untuk pengajuan. Sehingga tidak perlu bertanya-tanya bagaimana kelanjutan pengajuannya, Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat dan Pemerintah BAKTI, Danny Januar.

Sementara itu, Bupati Pulau Taliabu H. Aliong Mus, mengucapkan terima kasih karena setiap tahunnya Pemda mendapat bantuan dari Kominfo dan hal ini perlu disyukuri karena beberapa kabupaten kota di Indonesia pulau Taliabu mendapat bantuan lebih dari 10 BTS. "Kita perlu mensyukuri. Karena, ada beberapa Daerah mengusulkan BTS, belum bisa di akomodir. Bahkan ada yang di usul 10 BTS hanya dapat 5 BTS. Sedangkan Pulau Taliabu, setiap usulan BTS tidak dikurangi malah ditambahkan dan diberikan kemudahan.** (red)

Tidak ada komentar