Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Kesmat Unkhair Ternate Gelar Kegiatan Peka Literasi Matematika

TERNATE, KoranMalut.Co.Id - Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (KESMAT) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun (...


TERNATE, KoranMalut.Co.Id - Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (KESMAT) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate gelar kegiatan Pekan Literasi Matematika (PLM) Tahun 2021, dengan tema, "Menumbuhkan Generasi Matematika Yang Unggul Serta Berpikir Kreatif Untuk Memajukan Indonesia Cerdas", bertempat Aula Banau FKIP, Kelurahan Akehuda, Kota Ternate Utara. Senin (29/11/2021).

Turut hadir dalam acara, Kordinator Program Studi (Prodi) Matematika, Ahmad Afandi S.Pd., M.Pd, para dosen Program Studi Matematika, BEM FKIP, 9 pengurus Himapro serta pengurus dan anggota Kesmmat periode 2021-2022.

Sementara kegiatan PLM tersebut memuat 5 item lomba di antaranya ; 1. Karya Tulis Ilmiah (KTI)., 2. Kompetisi Belajar Mengajar (KBM), 3. Cipta puisi matematika, 4. Cerdas Cermat Matematika, 5. Matematika Gembira.

Ketua Umum Kesmmat Rusdiyati Lagalante, saat di konfirmasi mengatakan, Pekan Literasi Matematika (PLM) merupakan salah satu kegiatan yang di laksanakan setiap tahun oleh pengurus Kelompok Studi Mahasiswa Matematika (Kesmmat).

Kata Ari sapaan akrab Rusdiyati, bahwa Pekan Literasi Matematika pada tahun ini sudah masuk ke-4 kali di lakukan oleh pengurus Kelompok Studi Mahasiswa matematika. Sementara di dalam pekan Literasi Matematika (PLM) ini terdapat berbagai macam lomba yang melibatkan mahasiswa dan siswa seluruh kota Ternate.

"Di tahun 2021 terdapat lima lomba kegiatan PLM yaitu, 1. Karya Tulis Ilmiah (KTI)., 2. Kompetisi Belajar Mengajar (KBM), 3. Cipta puisi matematika, 4. Cerdas Cermat Matematika, 5. Matematika Gembira," sebutnya.

Lanjut Ati, dari ke lima lomba di atas melibatkan mahasiswa dan siswa untuk mengikuti lomba tersebut, di mana pada lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI), Kompetisi Belajar Mengajar (KBM), dan Cipta puisi matematika pesertanya dari seluruh mahasiswa kota Ternate, 

"Sementara lomba Cerdas Cermat Matematika melibatkan pesertanya dari SMA se Kota Ternate serta lomba Matematika Gembira melibatkan pesertanya dari SMP se kota Ternate," terangnya.  

Untuk Waktu Pelaksanaan Pekan Literasi Matematika di katakan Ketua Umum Kesmmat ini, akan di lakukan pada tanggal 29 November sampai dengan 8 Desember 2021.

Kordinator Program Studi (Prodi) Matematika, Ahmad Afandi S.Pd., M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang rutin khususnya untuk organisasi Kesmmat yang memberikan kontribusi yang baik melalui kegiatan Pekan Literasi Matematika, salah satu nya keterampilan dalam menulis karya ilmiah, Pemecahan Masalah, dan kemampuan-kemampuan seperti argumentasi dan menalar ini adalah kemampuan di abad 21. 

"Dan saya suport baik kegiatan ini, dengan memberikan partisipasi dana dan mendengarkan arahan-arahan yang ada," ucapnya.

Dirinya pun berharap nantinya akan muncul generasi yang mencintai matematika tidak mengkuatirkan dalam momen-momen kebiasaan matematika itu sendiri.**(ag).

2 komentar