Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Kemenko Marvest Lakukan Pendataan Primer di Halteng

HALTENG, KoranMalut.Co.Id - Upaya mendukung kajian survei sosial - ekonomi dari dampak hilirisasi mineral di Halmahera Tengah, Kementerian K...


HALTENG, KoranMalut.Co.Id - Upaya mendukung kajian survei sosial - ekonomi dari dampak hilirisasi mineral di Halmahera Tengah, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi menyelenggarakan survey research meeting Rabu, (3/11/2021).

Rapat virtual ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Halmahera Tengah  Abd. Rahim Odeyani, bertempat di ruang rapat Bupati dan dihadiri oleh Kepala Bidang Pengelolaan Pertambangan dan Batubara Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi Feri Kurniawan, Peggy Harrywan perwakilan Universitas Padjajaran, serta para akademisi Unkhair.

Kajian survey dampak sosial - ekonomi ini dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan nilai tambah komoditas mineral nikel melalui pembangunan industri pemurnian dalam negeri agar mampu memberikan benefit maksimal tidak hanya pada pelaku investasi tetapi kepada negara, daerah dan masyarakat lokal.

Dalam rapat tersebut Abd. Rahim Odeyani mengungkap berbagai persoalan ekologi dan sosial baik ekonomi, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, lingkungan, jalan serta Infrastruktur lain yang mesti menjadi perhatian serius Pemerintah Pusat, melalui Kementerian terkait mengingat selain menyandang status Kawasan Indsustri, Teluk Weda juga berstatus sebagai Proyek Strategi Nasional dan Objek Vital Nasional.

Wabup berharap Output dari kegiatan research ini menurunkan rekomendasi untuk disampaikan kepada Pemerintah Pusat melalui Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi untuk disebarkan ke seluruh kementerian.

Feri Kabid pengelolaan pertambangan batu bara menambahkan bahwa kunjungannya di kabupaten Halteng adalah untuk melakukan pendataan primer melalui kuesioner. "Kami akan melihat dampaknya baik dari sisi sosial serta ekonomi, lingkungan, pendidikan serta kesehatan, kami akan melihat dampak sebelum dan sesudahnya adanya PT IWIP " demikian kata Feri.

Turut hadir dalam rapat Sekretaris Daerah Halmahera Tengah Yanto M. Asri, Wakil Ketua DPRD Halmahera Tengah Hayun Maneke, Asisten dan Pimpinan OPD beserta beberapa staf (Prokompim).**(SN)

Tidak ada komentar