Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Bupati Tidak Beri Ampun Kepala OPD Gagal Capai Target PAD

TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Bupati Halmahera Utara (Halut) Ir. Frans Manery mulai geram dengan kinerja sejumlah Kepala Organisasi Perangkat D...


TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Bupati Halmahera Utara (Halut) Ir. Frans Manery mulai geram dengan kinerja sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Halut. Frans memberikan pernyataan tegas tidak memberi ampun kepada Kepala OPD yang gagal mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun anggaran APBD 2021.

Pasalnya kegeraman orang nomor satu dua periode Kabupaten Halut itu, lantaran sejumlah Kepala OPD yakni Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan (Dishub), Direktur RSUD, PDAM, Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Perindag), serta Kepala Dinas Pariwisata (Dispar), gagal mencapai target PAD tahun 2021. Mirisnya sejumlah OPD itu, tidak menunjukkan prestasi dalam mendulang PAD.

Kepala Bidang Pendapatan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Halut Fera Dobiki mengurai sejumlah pajak yang bersumber dari PAD tahun 2021 sampai di bulan oktober pada pajak Retribusi masih jauh dari harapan untuk mencapai target. Pasalnya untuk pajak Retribusi  ditargetkan Rp. 9.425.000.000.00 sementara capaian realisasi pajak retribusi daerah baru 16,30 persen. Pajak retribusi itu didalamnya Disperindag, Dinkes, DLH, Dishub, dan Dinas Pariwisata. Selain itu untuk pajak Pendapatan lain lain yang sah RSUD Tobelo, dan PDAM juga belum memenuhi syarat," Jadi pajak retribusi daerah di bulan Oktober tahun anggaran 2021 dibeberapa OPD belum mencapai target, bahkan baru 16,30 persen," Ujar Fera. Senin (22/11)

Terpisah dengan kondisi capaian target PAD di pajak Retribusi yang masih jauh dari harapan itu, mendapat sorotan khusus dari Bupati Halut. Frans tidak main main dalam melihat kondisi PAD yang sudah terpuruk di Akhir tahun. PAD Halut yang ditargetkan Rp. 120 Miliar tahun anggaran 2021 itu, baru 30 persen yang dicapai. Tentunya masih tersisa 70 persen yang belum dicapai realisasi pajak, salah satunya pajak disektor Retribusi daerah yang seharusnya para OPD dan instansi lain untuk bekerja keras mencapai target itu. Faktanya para kepala OPD malah menunjukan kinerja yang gagal," Saya tidak beri ampun kepada para Kepala OPD Halut yang tidak mampu menggarap pajak retribusi daerah tidak sesuai target, maka perlu dievaluasi," Tegas Frans. Akhirinya.**(red)

Tidak ada komentar