Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Kinerja Buruk DPMD Balon Kades Bikin Rusuh

HALUT, KoranMalut.Co.Id - Seleksi bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halmahera Utara ...


HALUT, KoranMalut.Co.Id - Seleksi bakal calon (Balon) Kepala Desa (Kades) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Halmahera Utara (Halut) mengisahkan kinerja buruk. Itu dibuktikan usai pengumuman hasil seleksi Balon Kades yang dinilai kinerja buruk mengakibatkan Para Balon Kades yang tidak lolos membuat rusuh dengan pemalangan kantor desa hingga pemalangan jalan.

Pasalnya salah satu Balon Kades yang dinyatakan tidak lolos dalam tes, karena kinerja buruk seleksi Balon Kades oleh DPMD Halut dibawa kepemimpinan Wenas Rompis, himgga membuat massa pendukung Balon Cakades Pidiwang Kao Utara Petrus Weda melakukan aksi pemalangan jalan trans Halmahera didepan Kantor Desa Pediwang Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Selasa (19/10/2021).

Kasubang Humas Polres Halut IPTU Kolombus Guduru mengatakan, Aksi pemalangan jalan trans Halmahera yang dilakukan pendukung cakades Petrus Weda dengan pohon kelapa dan membakar ban bekas karena merasa tidak puas dengan hasil tes yang dikeluarkan pada pentahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) oleh panitia Kabupaten. Para Balon Kades menilai ada kejanggalan dalam seleksi tersebut. Sebab disenyalir panitia kabupaten lebih terkesan pilih kasih,

“Pemalangan bahu jalan oleh pendukung Cakades Petrus Weda karena dinyatakan tidak lolos dalam tahapan pilkades oleh Panitia Pilkades tingkat Kabupaten atas Penetapan Calon Kepala Desa berdasarkan hasil ujian penyaringan yang terdiri dari, Test Peraturan Baris Berbaris, Test Wawancara dan Test Tertulis,” jelasnya, Selasa (19/10/21).

Dikatakannya, Kasubsektor Kao Utara IPDA Wellem Pawate bersama anggota Polsek Kao kepada massa aksi di kantor Desa Pediwang menghimbau agar segera membuka palang karena jalan trans Halmahera merupakan fasilitas umum jika tidak dilakukan maka akan tindak tegas.

“Jika ada hal-hal yang ingin di tanyakan silahkan tanyakan ke panitia pilkades Kabupaten dan jalan yang dipalang saat itu juga langsung dibuka oleh massa pendukung Cakades Pediwang Petrus Weda,” terangnya.**(R/km)

Tidak ada komentar