Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Patah Kemudi, Tim Sar Gabungan Berhasil Evakuasi 180 Penumpang KM Simba 1

SANANA, KoranMalut.Co.Id - Team Sar Gabungan yang terdiri dari Basarnas bersama Potensi sar berhasil mengevakuasi 180 penumpang Km Simba 1 ...


SANANA, KoranMalut.Co.Id - Team Sar Gabungan yang terdiri dari Basarnas bersama Potensi sar berhasil mengevakuasi 180 penumpang Km Simba 1 yang mengalami patah kemudi di perairan Kepulauan Sula, Maluku Utara, Rabu (8/9) kemarin.

Sesuai laporan awal, jumlah POB kurang lebih 100 orang. Namun setelah Team Sar gabungan tiba di LKP dan melakukan evakuasi serta pendataan ternyata POB berjumlah 293 Orang.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah mengatakan, Team Sar di lapangan menginformasikan bahwa pukul 13.30 WIT, KM Barcelona tiba di LKP dan melaksanakan proses evakuasi terhadap para penumpang. Namun upaya evakuasi Km Barcelona merapat ke kapal KM Simba terkendala gelombang tinggi yang mencapai 2 meter dan angin ± 5 Kts dari arah Tenggara.


"Proses evakuasi pun dilakukan dengan menggunakan life craf dan berhasil dievakuasi 180 orang dalam keadaan selamat. Proses evakuasi yang dilakukan dari siang hari akhirnya dihentikan sementara pada pukul 19.30 WIT, karena cuaca yang semakin memburuk. Selanjutkan KM Barcelona kembali ke Pelabuhan Sanana," tandasnya.

Pukul 02.05 WIT, KM Barcelona telah sandar di Pelabuhan Sanana membawa 180 penumpang yang telah dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan dalam keadaan selamat, selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga masing-masing.


Arafah menyebut, Pukul 09.30 WIT, direncanakan proses evakuasi sisa penumpang dan kapal KM Simba 1 menggunakan KM Permata Obi. Serta informasi telah diterima dari Capt KRI Albakora 867 bahwa KRI sedang dalam perjalanan menuju LKP untuk bergabung dengan Tim SAR Gabungan untuk melakukan bantuan Operasi Sar.

Dan laporan dari Tim SAR gabungan bahwa posisi KM Simba 1 berada dikoordinat dengan jarak 64,63 NM radian 49,7 ° dengan Kondisi Patah Kemudi. Adapun jumlah POB yang masih berada di KM simba 1 berjumlah 113 orang terdiri dari 100 penumpang (77 Laki-laki, 23 perempuan, dan 13 ABK).

Unsur yang terlibat dalam pencarian terdiri dari, Unit Siaga SAR 2 Orang, TNI AD 2 Orang, TNI AL 2 Orang, BRIMOB 7 Orang, POLAIR 5 Orang, POLISI 10 Orang, BPBD 7 Orang, KUPP 8 Orang, DISHUB 2 Orang, Agen ASL 1 Orang.**(Hhk/Red).

Tidak ada komentar