Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Bupati Halut Resmi Buka Musrenbang RPJMD Tahun 2021-2026

TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Bupati Halmahera Utara membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pem...


TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Bupati Halmahera Utara membuka secara resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026  di Aula Hotel Greenland Hotel Tobelo, Rabu  (22/09/21).

Turut menghadiri acara Wakil Bupati Halmahera Utara Muchlis Tapi Tapi S.Ag., Sekretaris Daerah Drs.E J Papilaya MTP., Wakil Ketua DPRD Kabupaten Inggrid Paparang, beserta anggota DPRD, Para Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, Forkopimda Halut, Perwakilan Beppeda Provinsi Maluku Utara, Para Camat se-Kabupaten Halut, Para Kasubag Program, OKP, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Serta para Insan Pers.

Dalam laporannya Kepala Bappeda dr. Devie Bitjoli, menyampaikan bahwa pelaksanaan musrenbang RPJMD merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan RPJMD sebelum perumusan rancangan akhir RPJMD yang telah di atur dalam Permendagri No 86 tahun 2017 yang mengamanatkan bahwa Bappeda melaksanakan dan mengkoordinasikan musrenbang RPJMD untuk penajaman dan penyelarasan rancangan RPJMD serta akan dirumuskan kedalam berita acara kesepakatan hasil musrenbang dan ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan.

Lebih lanjut Ia mengatakan, tahapan penyusunan RPJMD telah dilaksanakan rangkaian kegiatan yaitu penyusunan Ranwal RPJMD yang dilaksanakan sejak Bupati dan Wakil Bupati Halut dilantik pada 9 juli 2021, serta pelaksanaan konsultasi publik Ranwal RPJMD pada 12 agustus 2021, dan persetujuan DPRD dan Penandatangan Nota Kesepakatan Ranwal RPJMD pada 27 agustus 2021, serta sudah di lakukan konsultasi ke Gubernur Maluku Utara Ranwal RPJMD dimulai sejak 27 agustus sampai 7 september 2021, dan telah dilaksanakan forum lintas perangkat daerah dari tanggal 10 sampai 17 september 2021.

"Pelaksanaan musrenbang atas Ranwal RPJMD dilaksanakan pada hari ini 22 september 2021 tepat 75 hari sejak Bupati dan Wakil Bupati dilantik," kata Devie.

Ia juga menambahkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, steategi, arah kebijakan serta program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam Ranwal RPJMD Kab Halut tahun 2021-2026 .

Dalam mengawali sambutannya Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manery, menyampaikan terima kasih serta apresiasinya terkait pelaksanaan pencegahan covid-19 di Kabupeten Halmahera Utara yang saat ini mengalami kemajuan dalam menekan kasus angka  penyebaran Covid-19, serta mengapresiasi jajaran TNI/Polri dan tenaga kesehatan yang sudah berupaya melaksanakan program vaksinasi kepada masyarakat berjalan secara baik.

Lanjut Bupati mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Daerah Halmahera Utara memberikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh peserta musrenbang RPJMD yang telah hadir mengikuti kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini mengandung bobot yang sangat penting dalam menitik beratkan pada pembahasan dan sinkronisasi visi dan misi hingga rencana program pembangunan antara pemda dengan  masyarakat dapat terlaksana dengan baik," kata Bupati.

Bupati juga menambahkan, dalam rangka pencapaian pembangunan bersama guna melaksanakan visi pembangunan  jangka menengah kabupaten halut tahun 2021-2026 dengan visi yang kami angkat adalah terwujudnya kesejahteraan masyarkat halut melalui pembangunan berkelanjutan dengan inovasi dan investasi dalam kebersamaan yang berkelanjutan.

Bupati mengharapkan forum ini dapat menghasilkan kesepakatan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi serta penyempurnaan terhadap perancangan RPJMD tersebut, sehingga pada saatnya nanti kita dapat memperoleh masukan dan komitmen dari pemangku kepentingan untuk pembangunan dikabupaten halmahera utara.

Dia juga menambahkan, untuk mewujudkan sasaran pembangunan jangka menengah daerah dikabupaten halmahera utara maka kebijakan prioritas pembangunan yang ditetapkan dalam musrenbang ini diharapkan dapat memujudkan visi dan misi kepala daerah dalam kurun waktu lima tahun kedepan.

"Telah dirumuskan empat misi pembangunan kabupaten halmahera utara yaitu. 1. Memperkuat pelayanan dibidang kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial bagi seluruh penduduk termasuk kemajuan pendidikan karakter dan kebudayaan daerah. 2. Mengurangi kesenjangan wilayah,memperkuat daya saing daerah melalui pembangunan infrastruktur untuk ekonomi, dan pelayanan dasar serta optimalisasi pengelolaan ruang wilayah dan lingkungan hidup. 3.Membangun perekonomian daerah yang kokoh dan berdaya saing melalui investasi berkelanjutan pada sektor pertanian, perikanan kelautan dan pariwisata, serta perlindungan ekonomi kerakyatan berbasis inovasi. 4. Melanjutkan reformasi  birokrasi dan kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah melalui inovasi dan transformasi bisnis berkelanjutan," ungkap Bupati.

Dirinya mengharapkan, melaui musrenbang ini dapat diperoleh kesepakataan dalam merencanakan program pembangunan yang bersifat strategis dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pendapatan masyarakat didaerah agar program yang direncanakan dapat berdaya guna dan berhasil.**(Gf)

Tidak ada komentar