Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Ekspedisi Relawan Waqaf Al-Qur'an Malut di Pulau Halmahera

TERNATE, KoranMalut.Co.Id - Relawan Waqaf Al-Qur'an (RWQ) Maluku Utara, kembali melakukan penyaluran Al-Qur'an di pulau Halmahera. ...


TERNATE, KoranMalut.Co.Id - Relawan Waqaf Al-Qur'an (RWQ) Maluku Utara, kembali melakukan penyaluran Al-Qur'an di pulau Halmahera. Distribusi AL-QUR'AN, IQRO dan Juz Amma ini diberi Tajuk Ekspedisi RWQ di Halmahera.

Lokasi yang dapat di jangkau oleh ekspedisi ini adalah Kota Tidore Kepulauan yakni TPQ AL-QUR'AN Center Desa Buku Lasa, Kecamatan Oba Utara, Halmahera Tengah dan Halmahera Selatan.

Ketua RWQ Malut Tada Hakim, menjelaskan kegiatan distribusi Al-Qur'an ini dimualai sejak kemarin, hari sabtu tanggal 29 mei 2021 sampai dengan tanggal 31 mei 2021.


Tujuan dari kegiatan ini untuk memenuhi permintaan Al-Qur'an, Iqra dan Juz Amma yang dialami oleh hampir semua TPQ di Maluku Utara serta untuk mendukung proses belajar mengajar Al-Qur'an yang ada di TPQ.

Dalam ekspedisi tersebut RWQ menyalurkan AL-QUR'AN Wakaf dari Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara sebanyak 80 Mushaf Dari 180 Mushaf Al-Qur'an, Wakaf dari BI religi ditambah dengan AL-QUR'AN wakaf Individu dari Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Utara Dr. Erryl Agoes, SH, MH., Sebanyak 100 AL-QUR'AN dan 234 dari Para Wakif. Rinciannya, Al-Qur'an 414 Mushaf, Buku IQRO 250 Paket, Juz Amma 160 pcs.

Al-Qur'an, IQRO dan Juz Amma tersebut diserahkan di 2 Kabupaten dan 1 Kota yakni Kota Tidore kepulauan satu TPQ, Kabupaten Halmahera Tengah, TPQ Nurul Saba Desa Were, TPQ Darul Hunafa Desa Nurweda, TPQ Baiturrahman Desa Were, Madrasah Diniah  Bustanul Ulum Desa Were, TPQ Fagogoru Desa Were, TPQ dan MT Baitul Amal Desa Sagea serta 11 TPQ Kecamatan Patani yang akan didistribusikan oleh Relawan Abdurrahman Safi.

Menurut Abdurrahman Syafi yang melakukan survei TPQ di Kecamatan Patani menjelaskan bahwa para pembina TPQ di Patani serta para orang tua sangat berharap bantuan AL-QUR'AN di daerah tersebut, karena akses ke daerah itu masih terkendala masalah jalan dan harga AL-QUR'AN tidak dapat dijangkau oleh para orang tua didik sehingga informasi ada pembagian AL-QUR'AN dan IQRA secara gratis sangat dinantikan oleh para pembina TPQ dan Santri.

Sementara itu di Kabupaten Halmahera Selatan, ekspedisi ini dapat menjangkau TPQ dan Majelis Taklim Desa Mafa, TPQ AL-Furqan Desa Foya, TPQ Desa Akelamo, dan 6 TPQ lainya yg direkomendasikan oleh Relawan dan Kepala KUA Gane Timur.

Harapan besar Relawan Waqaf Al-Qur'an Maluku Utara, semoga Al-Qur'an, Iqra dan Juz Amma yang telah didistribusikan diamalkan dan bermanfaat untuk ummat.

Menurut KUA setempat bahwa permintaan AL-QUR'AN di Kecamatan Gane Timur sangat banyak, bahkan hampir semua desa muslim mengajukan proposal permintaan AL-QUR'AN namun baik KUA maupun Depag pada tahun 2020-2021 tidak ada anggaran hibah untuk AL-QUR'AN, sehingga bantuan AL-QUR'AN dari RWQ sangat membatu masyarakat muslim disana.

Tada Hakim, ketua RWQ Malut pada kesempatan ekspedisi AL-QUR'AN di Weda, tepatnya di TPQ Fagogoru berkesempatan menyampaikan motivasi dihadapan para tokoh Agama, para orang tua dan santri di acara khatam Al-Qur'an 25 orang Santri TPQ Fagogoru.

Bahwa AL-QUR'AN Adalah Pedoman hidup yang mengatur kehidupan ummat muslim dari bangun tidur sampai tidur lagi, oleh karena itu mempelajari dan mengamalkan menjadi wajib bagi setiap muslim.

Sedangkan lembaga Pendidikan kita saat ini perlahan mulai terkikis oleh pelajaran-pelajaran keduniaan sehingga harapan utama pendidikan Al-Qur'an kini ada di TPQ dan rumah-rumah ngaji, maka fokus kita harusnya membesarkan TPQ bukan sebaliknya mengabaikan TPQ dan Rumah Ngaji.**(Ves)

Tidak ada komentar