Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pasca Terbakar, Kepala BPBD Kepsul Umumkan Korban Selamat KM Karya Indah

SANANA, KoranMalut.Co.Id - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut) umumkan ...


SANANA, KoranMalut.Co.Id - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Sula (Kepsul) Provinsi Maluku Utara (Malut) umumkan data manifes dan memberi keterangan terkait pendataan jumlah penumpang selamat atas insiden terbakarnya KM Karya Indah, Sabtu (29/5/2021).

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Hendrata Umabaihi mengatakan, terkait Data Manifes yang sudah terkafer berjumlah 181 orang. Namun setelah di Data kembali berjumlah sebanyak 275 orang. 

Sumber Foto : Basarnas

"Sesuai pendataan yang kami dapat dari data manifes berjumlah 181 Orang, namun setelah didata kembali terdapat tambahan jumlah penumpang menjadi 275 orang dengan rincian 274 orang selamat, 1 orang dikabarkan hilang," ungkapnya.

Atas insiden tersebut, diketahui sampai sejauh ini korban yang terhitung selamat mengalami trauma ringan, diantaranya ada empat orang yang mengalami pingsan atau tak sadarkan diri. Empat orang tersebut telah diamankan ke RSUD Sanana.

"Untuk diketahui, sekalipun tidak terdaftar dalam manifest penumpang, akan tetap dibuat pendataan," imbuhnya.

Disamping itu, Hendra menjelaskan, satu orang korban terbakarnya KM Karya Indah yang saat ini belum ditemukan atas nama Dedi Hidayat (43), akan dilakukan pecarian dengan semaksimal mungkin.

"Atas nama Dedi Hidayat yang diketahui sebagai korban yang hilang. Kami akan melakukan pecarian semampu mungkin, sembari menunggu informasi lebih jelas dari pihak keluarga. Jangan sampai korban itu sudah kembali, atau sudah ditemukan," ungkap Hendra.

Hendra bilang, apabila dalam waktu dekat belum ada informasi terkait korban yang hilang, maka seluruh tim akan digerakan untuk melakukan pencarian demi memastikan keberadaan korban tersebut.

Ditambahkan, penyebab terbakarnya KM Karya Indah, diduga adanya kerusakan mesin dibagian sistem pendingin. Namun sampai sejauh ini masih dalam tahapan penyelidikan yang dilakukan oleh pihak terkait. Untuk itu, pihak Kepolisian telah mengamankan ABK kapal dan Kep kapal yang semunya juga berhasil selamat untuk dimintai keterangan lebih lanjut.**(Ikd).

Tidak ada komentar