Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Perdana, Dandim 1509/Labuha Bersama Forkopimda Halsel Resmi Divaksin Covid-19

HALSEL, KoranMalut.Co.Id - Resmi sudah Dandim 1509/Labuha bersama Forkopimda Kabupaten Halmahera Selatan divaksinasi Covid-19 secara Perdan...


HALSEL, KoranMalut.Co.Id - Resmi sudah Dandim 1509/Labuha bersama Forkopimda Kabupaten Halmahera Selatan divaksinasi Covid-19 secara Perdana di Kabupaten Halmahera Selatan sekaligus Pencanangan Vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Halsel, diselenggarakan di lingkungan RSUD Labuha, Desa Marabose Kecamatan Bacan. Selasa, (2/02/2021).

Kegiatan Vaksinasi Covid-19 dihadiri oleh Bupati Halsel Bahrain Kasuba S.Pd.,M.Pd, Wakil Bupati Iswan Hasjim ST.,MT, Sekda Helmi Surya Botutihe. SE. M.M, Kejari Halsel Fajar Haryowimbuko, SH, Kapolres Hal-Sel AKBP Muhammad Irvan S.I.K, Kepala Pengadilan Negeri Labuha Achmad Rasjid.SH, Dir RSUD Labuha Asia Hasyim, Kadis Kesehatan Ny. Hj. Hasna Muhammad, SKM, M-Kes, Ketua MUI Halsel Ustadz Haris Krois.

Dalam sambutan Kadis Kesehatan Hj. Hasna Muhammad Skm, mengatakan Tahap awal vaksin 1570 Tenaga Medis sebagai garda terdepan dan Kabupaten Halmahera Selatan mendapat dukungan sebanyak 3520 Dosis Vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi.

"Vaksin bertujuan untuk memberikan kekebalan tubuh kita, namun bukan berarti setelah divaksin mengabaikan prokes yang sudah ada. Peserta Vaksinasi 40 orang Tenaga Kesehatan, selain dari unsur Forkopimda Halsel," imbuhnya.


Tahapan yang dilakukan untuk menerima vaksin adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu kemudian di screening berupa tes tensi, kemudian wawancara terkait penyakit apa dan sebagainya, dinyatakan Sehat dan layak oleh dokter maka akan disuntik oleh petugas dan diobservasi selama 30 menit apabila tidak ada masalah kita diperkenankan untuk pulang. ujur Kadis kesehatan Ibu Hasna Muhammad. 

Bupati Halmahera selatan Bahrain Kasuba. S. Pd.,M.Pd, dalam Sambutannya senada dengan pernyataan Ibu Kadis Kesehatan, Pemerintah telah menetapkan Pandemi Covid-19 sebagai bencana non alam di Indonesia pada pertengahan Maret 2020. Kondisi ini telah banyak berpengaruh tidak hanya terhadap sektor kesehatan namun juga terhadap sektor-sektor penting lainnya yaitu ekonomi, pariwisata, dan pendidikan. 

"Dampak yang paling terasa adalah pada sektor ekonomi dimana memasuki triwulan Pertama tahun 2021,  akhirnya Indonesia dihadapkan pada resesi ekonomi. Kita berharap, Bangsa Indonesia akan segera bangkit dari situasi ini, sehingga segala upaya untuk memutus mata rantai penularan COVID-19 terus diakselerasi, termasuk Pemberian vaksin COVID-19 ke seluruh Masyarakat," imbuhnya.

Dunia saat ini seakan menaruh harapan besar terhadap pemberian vaksin COVID-19, vaksinasi sebagai bagian dari strategi penanggulangan Pandemi Covid-19. Meski demikian, masyarakat harus tetap diberikan edukasi bahwa vaksinasi Covid-19 penting, ujarnya.


Ia juga mengatakan, semoga dengan adanya pencanangan ini dapat memberikan Motivasi kepada seluruh tenaga kesehatan sebagai awal imunisasi dan masyarakat pada fase selanjutnya, yang jelas pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh pengelola program dan tenaga kesehatan di Kabupaten Halmahera Selatan.

Ia menyebutkan, pencanangan ini bersifat simbolis dan akan senantiasa dilakukan vaksinasi secara keseluruhan kepada warga Halsel. Program ini sudah dicanangkan oleh pemerintah Pusat dan Presiden RI sendiri sudah di Imunisasi tanggal 13 Januari 2021. Bagaimanapun kita juga tetap akan mengikuti program ini, termasuk juga kepada masyarakat. Saya mengimbau untuk bisa mengikuti kegiatan ini pada tahap selanjutnya.

Dandim 1509/Labuha dan Unsur Forkopimda menandatangani dokumen pakta dukungan dan komitmen kami dalam mensukseskan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Halsel.

Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Untung Prayitno.S.I.P.,M.Han, Bersama Sekda Helmi Surya Botutihe. SE. M.M sebagai penerima Vaksinasi Covid 19 Pertama, Vaksinasi Covid-19 disuntikkan Oleh Ketua Tim Vaksinasi RSUD Labuha dr. Wahyu. Lalu diikuti oleh Kejari Halsel Fajar Haryowimbuko. 

"Alhamdulillah sudah selesai tinggal tunggu 2 minggu dari sekarang untuk divaksinsasi tahap kedua, insyaallah Aman dan Halal, saya menghimbau masyarakat Halmahera selatan agar tidak takut untuk divaksinasi, ini salah satu upaya kita memerangi Covid-19, saya sudah membuktikan kalau Vaksinasi Itu aman. Jangan termakan isu hoax yang tengah berkembang di medsos," ujar Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Untung Prayitno.S.I.P., M.Han.**(Red).

Tidak ada komentar