Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Diduga Korsleting Listrik, Gereja Pusat Imanuel Gamsungi Ludes Terbakar

TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Gereja pusat Imanuel Gamsungi yang terletak di jalan Kemakmuran Desa Gamsungi Kecamatan Tobelo kabupaten Halmaher...


TOBELO, KoranMalut.Co.Id- Gereja pusat Imanuel Gamsungi yang terletak di jalan Kemakmuran Desa Gamsungi Kecamatan Tobelo kabupaten Halmahera Utara (Halut) pada Kamis (18/02/2021) sekira pukul 23.15 wit ludes terbakar oleh sijago merah.

Kebakaran Gereja terjadi melalui percikan api dari depan gereja hingga menjalar ke dalam gedung. Meski begitu, belum diketahui darimana asal percikan api tersebut.

"Penyebab kebakaran diduga sementara dikarenakan kosleting listrik namun penyebab pasti masih diselidiki pihak kepolisian," ujar Kasubag Humas Polres Halut AKP Mansur Basing.

Mansur menjelaskan, menurut saksi Aser Manikome dan Rudi Wika, bahwa sekitar pada PKL 23.15 wit melihat pertama kali nyala api dari gapura kedua pintu samping pertama di bagian atas sebelah kanan (selatan).

Sementara saksi lain, Ricky melihat kejadian tersebut langsung lari menuju ketempat kejadian.


Setelah sampai di tempat kejadian saksi menerobos masuk ke dalam gereja dengan melewati pintu belakang gereja sebelah Utara, dan masuk ke gereja sementara lampu gereja dalam keadaan menyala.

"Kemudian, saksi langsung menyelematkan beberapa aset gereja seperti orjen, pohon natal, mic, speaker dan buku Alkitab yang berada di dalam gereja. Dan kemudian saksi keluar dari dalam gereja bersama barang-barang yang di selamatkan dan di amankan," ucapnya.

Setelah itu, api kemudian  membesar dan menjalar membakar selurus bagian gereja, setelah melihat api membesar beberapa masyarakat yang berada di sekitar itu langsung melaporkan kejadian tersebut ke polres halut, Polsek Tobelo dan Damkar Halut.

Setelah mendapat informasi, lanjut Mansur, anggota Polres Halut, Polsek Tobelo dan Damkar Halut langsung menuju ke tempat kejadian. Anggota polres Halut dan Polsek Tobelo langsung mengamankan TKP dan Damkar Halut di bantu water canon bergerak memadamkan api.

Sekitar pukul 02.30 wit Water Canon dan Damkar Halut berhasil memadamkan api di tempat kejadian. Atas kejadian kebakaran tersebut, kerugian diperkirakan capai Rp 8 miliar.**(Gf).

No comments