Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

KUPP Tobelo Siapkan Posko Koordinasi Lintas Sektor Awasi Trasportasi Laut

TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Klas 1 Tobelo Kabupaten Halmahera Utara resmi menyiapkan Posko Angkutan Lau...


TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Klas 1 Tobelo Kabupaten Halmahera Utara resmi menyiapkan Posko Angkutan Laut dalam rangka Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Posko tersebut dibentuk dengan tujuan sebagai posko koordinasi instansi lintas sektor baik Pelabuhan dan instansi Pemda, TNI dan Polri. 

Kepala KUPP Klas 1 Tobelo, Rusdi Hud menyebutkan, terkait dengan pengendalian arus penumpang dan barang dalam rangka kesiapan Natal dan Tahun Baru telah disiapkan. Hal ini dilakukan mengacu pada edaran Dirjen Perhubungan laut, dimana setiap kali menjelang perayaan hari-hati keagamaan seperti lebaran natal dan tahun baru, idul fitri dan dan idul adha selalu terjadi pelonjakan penumpang dan barang sehingga posko sangat penting dalam melakukan pengawasan sehingga berjalan dengan lancar. 

Dijelaskannya, sebenarnya tahun 2020 memang posko ditiadakan, namun dengan menurunnya pandemi sehingga instruksi telah dilaksanakan kembali oleh seluruh perhubungan laut dan darat dengan melakukan pengendalian diseluruh daerah salah satunya KUPP Tobelo juga melaksanakan berdasarkan instruksi tersebut. "KUPP Tobelo juga masuk sebagai simpul sesuai edaran pusat dalam pengawasan laut yang dipantau langsung Dirjen Perhubungan Laut. Selain itu langkah telah dilakukan dengan membangun komunikasi dengan instansi terkait didalamnya Pemda, TNI dan Polri dengan hasil rapat disepakati melakukan posko koordinasi lintas sektor," jelasnya, Senin (21/12). 

Selain itu, lanjut Rusdi, ada kesiapan lain yang dilakukan dalam memudahkan kelancaran pergerakan orang dan barang, baik Polair, TNI dan KP3 terus melaksanakan kordinasi setiap saat. 

Sedangkan pihak kapal ataupun agen dalam melakukan penjualan tiket dilakukan sesuai dengan loket. "Pandemi belum selesai maka KKP juga menyiapkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan sebelum keberangkan penumpang keluar dan masuk ke Halut antar provinsi, dengan mengikuti protokol kesehatan salah satunya pemeriksaan suhu tubuh dan rapid test. Kami telah memberlakukan untuk KM Sunlia dengan pemeriksaan dilakukan oleh KKP didampingi KUPP Tobelo dan instansi terkait lainya," paparnya. 

Sementara terkait pemantauan cuaca sendiri, tambah Rusdi, setiap keberangkatan kapal dilakukan berdasarkan informasi cuaca dari BMKG.**(red/gf)

Tidak ada komentar