Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

KAL Wayabula Milik TNI AL, Tiba di Pelabuhan Morotai

MOROTAI, KoranMalut.Co.Id - Kal Wayabula milik TNI Angkatan Laut tiba di pelabuhan morotai bersama 7 penumpang speed boat najwa yang hilang ...


MOROTAI, KoranMalut.Co.Id - Kal Wayabula milik TNI Angkatan Laut tiba di pelabuhan morotai bersama 7 penumpang speed boat najwa yang hilang saat melakukan perjalanan rute Tobelo-Morotai dengan keadaan selamat.

Kal Wayabula tiba di pelabuhan Morotai sekitar pukul 15:30 WIT bersama seluruh penumpang serta speed boat najwa yang sempat mengalami troble atau kehabisan minyak itu. 

Danlanal Pulau Morotai Letkol Laut. P. Norman Faisal menyampaikan koronologisnya sekitar pukul 01:30 wit dirinya, mendapat informasi bahwa ada sala satu speed boat "najwa" mengalami maslah mesin(kehabisan bahan bakar) dan saat itu juga dengan segera menghubungi ke KAL Wayabula bergerak secepat mungkin, dan pada pukul 02:00 wit kita menuju ke lokasi tujuan.

Setelah melakukan pencarian sekitar pukul 09:35 wit speed boat najwa baru di temukan Kal Wayabula. setelah itu kita berkoordinasi kemudian di lakukan evakuasi ke Morotai.

Katanya ini merupakan kerja sama kita semua TNI AL dengan di bantu Basarnas dan Perhubungan,Polairud,serta KPLP sehingga alhamdulillah pada siang hari ini speed boat yang mengalami kehabisan bahan bakar atau kerusakan mesin serta penumpangnya kita selamatkan dan tiba di Morotai.

Sementara Kapten Kal wayabula Junaidi, menambahkan kronologisnya saat berada di tanjung jara-jara kebutulan bisa kontak dengan sala satu motoris namun, saat kontak sering muncul sering hilang, sehingga kami lakukan pencarian dengan radar dan terdeksi sekitar 10 mil arah utara dari tanjung jara-jara Halmahera Timur.

Saat pencarian dengan radar terbaca seperti benda mengapung setelah kita mendekat baru terlihat dengan kasat mata speed boat najwa kemudian kita merapat dan di evakuasi seluruh penumpang ke Kal Wayabula.

Saat di evakuasi kondisi penumpang dalam keadaan lemas karena, katanya sudah sehari semalam  tidak makan saat lepas dari Tobelo jam 16:00 Wit serta pukul 17:00 Wit mereka di hantam ombak dan badai hingga hilang kendali sehingga hanyut sampai ke tanjung jarajara.

Pertolongan pertama setelah di evakuasi para penumpang dalam kondisi lemas di berikan air hangat agar tidak depresi setelah itu di berikan makanan.

"pertolongan pertama setelah di temukan kita periksa kesehatan serta di sediakan logistik berupa makanan dan minuman serta bahan bakar bagi speed boat yang mengalami gangguan mesin dan alhamdulillah seluruh penumpang dalam keadaan aman" katanya.

Atas kejadian itu Danlanal Pulau Morotai Letkol laut. P. Norman Faisal menghimbau kepada seluruh masyarakat agar saat bepergian selalu memperhatikan keselamatan apa lagi kondisi serta cuaca yang ekstrim seperti ini.

Ada baiknya bepergian pada saat kondisi cuaca yang terang dan pada pagi hari, kemudian jangan lupa menggunakan alat-alat keselamatan seperti life jacket, selain itu bagi speed boat dan seluru transportasi laut ketika berlayar jangan lupa membawa kompas.

Karena, kalau berlayar di situasi gelap atau malam hari tanpa ada alat navigasi kemungkinan akan tersesat.**(red/oje)

Tidak ada komentar