Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

FM-Mantap Menang, JOS Tersingkir di Pilkada Halut

(Foto: Konfrensi Pers Kemenangan FM Mantap) TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera U...


(Foto: Konfrensi Pers Kemenangan FM Mantap)

TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Utara (Halut) periode tahun 2021-2025 yakni nomor urut 02, Frans Manery dan Muchlis Tapi Tapi resmi mengumumkan hasil perolehan berdasarkan pengumpulan data Fom C1 dari 17 kecamatan. Pengumuman kemenangan dalam konfrensi Pers yang dilaksanakan di Posko Komando Pemenangan FM Mantap di desa WKO Kecamatan Tobelo Tengah Kamis (10/12/2020) ini dihadiri Cabup dan Cawabup Frans - Muchlis, Ketua Tim Pemenangan Samsul Bahri Umar dan partai pengusung dan pendukung, serta para simpatisan.

Cabup Frans Manery mengatakan selama kurang lebih 3 bulan ketika bergulat dalam tahapan Pilkada baik itu kampanye sampai pelaksanaan pencoblosan pada 09 Desember, sampai pada perhitungan hasil pendataan yg direkap data sangatlah akurat berdasarkan Fom C1.

Frans juga mengapresiasi bagi seluruh masyarakat sehingga hasil yang ada dari rekapitulasi di 17 kecamatan, 196 desa yang terdiri 421 TPS diperoleh suara dari FM Mantap sebanyak 50,185 dan JOS sebanyak 49,288 dengan total selisih sebanya 897 suara. "Proses tahapan masih berjalan baik rekapitulasi nantinya di tingkat kecamatan dan kabupaten, maka saya mengatakan semua pendukung dan saksi untuk selalu mengawal suara yang sudah terdata dalam Fom C1," jelasnya. 

Frans juga menitip pesan agar seluruh pendukungnya tetap menjaga kekerabatan dan keamanan bersama di lingkungan, dengan tidak berlebihan dalam bereuforia kemenangan, serta tidak membuat perpecahan.

Sementara itu, Cawabup Muchlis Tapi Tapi mengatakan, bahwa 1 TPS di Maraeling desa Tetewang tidak perlu dapat dilakukan pencoblosan. Pasalnya, jika saja dilaksanakan oleh KPU maka hal ini akan bertabrakan dengan aturan sebab tahapannya sudah lewat. "Dalam aturan jika pencoblosan dilakukan maka harus sesuai dengan aturan baik itu bencana alam dan lainnya. Saya sampaikan bahwa kasus seperti itu sama juga pernah terjadi di dusun Bangkok desa Bobane Igo pada tahapan pemilu sebelumnya dan MK pun tidak menindaklanjutinya karena tidak bertabrakan dengan aturan, serta tidak ada persolaan dan bagi kami KPU Halut telah melaksanakan tugasnya dengan baik," tambah Muchlis. 

Muchlis juga memaparkan bahwa kecamatan-kecamatan yang dimenangkan FM Mantap pada Pilkada kali ini sebanyak 11 kecamatan diantaranya Loloda Kepulauan, Loloda Utara, Galela Selatan,Tobelo Barat Galela Utara, Galela, Tobelo Utara, Tobelo Timur, Kao, Malifut dan Kao Teluk. Sementara sisanya sebanyak 6 kecamatan diantaranya Galela Barat, Tobelo, Tobelo Tengah, Tobelo Selatan, Kao Barat dan Kao Utara, dimenangkan JOS dengan perbedaan selisih suara yang tidak jauh berbeda. "Untuk sengketa Pilkada saya perlu sampaikan bahwa pelaksanaan Pilkada berjalan dengan aman dan lancar, serta tidak ada persoalan," tutupnya.

Diketahui rekap yang dilakukan perdapilnya diantaranya Dapil 1 FM Mantap memperoleh 20,387 dan JOS sebanyak 23,827, dengan suara rusak 454 dan selisih (3,440), Dapil 2 FM Mantap 15,972 dan JOS sebanyak 12,906, dengan suara rusak 292 dan selisih 3,066. Dapil 3 peroleh suara FM Mantap 13,826 dan JOS 12,555, dengan suara rusak 360 dan selisih 1,271. Dari data secara keseluruhan maka FM Mantap memperoleh suara sebanyak 50,185 dan JOS sebanyak 49,288 dengan total selisih 897. Sementara total suara yang digunakan sebanyak 80 persen atau sebanyak 100,579 suara.**(red/km)

No comments