Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Bupati Halut Resmikan Laboraturium PCR Bantuan PT NHM

TOBELO, KoranMalut.Co.id - Penanggulangan pandemi covid 19, tentu membutuhkan langkah antisipasi dalam menekan laju penyebaran dengan mendet...


TOBELO, KoranMalut.Co.id -Penanggulangan pandemi covid 19, tentu membutuhkan langkah antisipasi dalam menekan laju penyebaran dengan mendeteksi secara cepat. Keberadaan laboratorium Polymerase chain reaction (PCR), sangat penting.

Karena itulah Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, bekerja sama dengan pihak ketiga (PT NHM)  menghadirkan  laboratorium PCR Covid 19 yang bertempat di RSUD Tobelo yang diresmikan oleh Bupati Halmahera Utara Ir Frans Manery  (30/12/2020). 

Dalam sambutannya, Bupati mengungkapkan, ini adalah salah satu upaya pemerintah daerah  memutuskan mata rantai covid 19, menghadirkan laboratorium PCR. Agar pemeriksaan sebagai upaya deteksi penyebaran virus dapat di ketahui secara cepat. Mengingat kondisi geografis daerah ini.

Untuk itu secara khusus, kami  mengucapkan terima kasih kepada PT. NHM yang sudah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dalam menghadirikan laboratorim PCR. Semoga dengan hadirnya laboratorium ini, semakin cepat hasil diketahui hingga pemutusan mata rantai covid 19 di daerah ini dapat dilakukan.

Sedangkan perwakilan manajemen  PT. NHM Septian San menyampaikan, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses persiapan hingga laboratorium ini bisa  ada di tempat ini.

Namun untuk saat ini, masih ada satu kendala yaitu bio sefty cabinet level 2a, yang  masih menunggu proses pengiriman karena bertepatan dengan libur Natal dan tahun baru. Hingga prosesnya akan dilakukan bulan Januari nanti.

DR. Jubhar Mangimbulude dalam laporannya mengatakan “Persiapan penggunaan Laboratorium PCR ini, sebagai berikut : alat ini memerlukan besaran  arus listrik, karena kalau arus listrik berubah-ubah alat ini tidak akan bisa bekerja. Untuk itu, dibutuhkan peralatan yaitu bio safety kabinet. Sebagai persyaratan untuk memenuhi standar  laboratorium internasional level 3. Dan saya berusaha mencapai target itu, sebagai kebanggaan warga Halmahera utara, dan puji Tuhan kami bisa mencapai itu,” paparnya.

Di tanggal 4 Januari kami akan mengikuti training di RS chasan bosoeri Ternate, setelah mengikuti training, di tanggal 5 dan seterusnya kami sudah siap untuk melayani masyarakat halmahera utara.**(red)

Tidak ada komentar