Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pemuda Katolik Komisariat Daerah Malut Hadiri Pembukaan Rapimnas I Pemuda Katolik 2020

MOROTAI, KoranMalut.Co.Id - Dalam rangka menyambut Dies Natalis Pemuda Katolik ke -75, Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Maluku Utara...


MOROTAI, KoranMalut.Co.Id - Dalam rangka menyambut Dies Natalis Pemuda Katolik ke -75, Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Maluku Utara mengikuti Pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rampimnas) I Pemuda Katolik 2020 dengan tema "Menciptakan Kader Pemuda Katolik yang Unggul Untuk Indonesia Maju" digelar secara virtual (aplikasi zoom). Sabtu (14/11/2020)

Rapimnas I Pemuda Katolik tersebut dibuka oleh Menteri Perekonomian RI, Airlangga Hartarto dan di hadiri oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Pengurus Komda serta Komisariat Cabang (Komcab) se Indonesia.

Sementara hadir dalam memberikan sambutan, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Karolin Margret Natasa, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Somodro, Mgr. Iqnatius Kardinal Suharyo, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian dan Menteri Agama RI, Fuchrul Raz.

Ketua Umum Pemuda Katolik, Karolin Margret Natasa dalam sambutannya mengatakan tahun ini adalah tahun spesial, dan tahun ini juga tepat genapnya Pemuda Katolik ke 75 tahun, yaitu besok 15 November 2020.

Di 75 tahun ini menjadi bahan refleksi badan pengurus Pemuda Katolik dalam melakukan transformasi organisasi khusus berkaitan dengan pengembangan dan pembinaan kader Pemuda Katolik kedepan terutama memasuka 1 abat Indonesia Merdeka.

Selanjutnya dalam Rapimnas I Pemuda Katolik 2020 yang dihadiri seluruh Pengurus Komda dan Komcab se Indonesia, tema yang angkat adalah "Menciptakan Pemuda Katolik yang Unggul Untuk Indonesia Maju" jelas Katolin

Dalam rapat secara virtual, nampak juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menyampaikan selamat Dies Natalis Pemuda Katolik ke 75 tahun dan mengulas sejarah perjuangan Pemuda Katolik.

"Kita tahu Jakarta dan Pemuda Katolik dalam proses meraih kemerdekaan punya catatan bersama. Kita menyadari cikal bakar organisasi kaum muda Katolik pertama kali didirikan di Indonesia adalah Katholieke Jongelingen Bon KJB yaitu sekitar November 1914 di Kota Jakarta ini, waktu itu masih disebut Batavia. Dan juga kita menyadari kontribusi KJB ini menjadi lebih terlihat lagi ketika pembebasan kongres pemuda kedua yang diadakan di gedung KJB yang sekarang dikenal dengan Aula Gereja Katedral Jakarta, yang waktu itu pengamanannya oleh pihak Belanda begitu ketat" terang Anies

Tapi tak menggentarkan para pemuda, didalamnya yang tetap memekikan kata merdeka hingga rapat itu berlanjut sampai akhirnya melahirkan Sumpah Pemuda. Kini sudah mejadi tugas kita semua seluruh masyarakat termasuk Pemuda Katolik untuk meneruskan tradisi perjuangan ini.

"Saya mengajak kepada kita semua termasuk Pemuda Katolik ikut aktif dalam menjaga kedisiplinan, menjadi teladan di dalam melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Semoga Rapimnas ini dapat menghadirkan solusi-solusi kekinian lintas zaman, sehingga sesuai dengan tema Rapimnasnya "Menciptakan Pemuda Katolik yang Unggul Untuk Indonesia Maju" harap Anies

Dirjen Bimas Katolik Yohanes Bayu Somodro dalam ucapannya mengingatkan kembali Tokoh Nasional Pemuda Katolik, yang salah satunya Frans Seda "untuk jadilah Katolik Sejati" maksudnya agar tidak hanya giat disekitar Gereja atau Altar saja, tetapi harus terjun langsung ke masyarakat dan memberikan kontribusi berharga serta berdampak nyata khusus bangsa Indonesia.

Menurutnya, tidak cukup hanya bersikap prihatin pada umat Katolik dan masyarakat yang sedang berkesusahan, tidak perna cukup dengan seminar di ruang-ruang ber AC dan tidak perna cukup dengan sumbang saran saja, tapi yang diperlukan adalah langka nyata, tindakan kongkrit yang berdampak bagi kehidupan masyarakat, itulah yang diharapkan oleh Frans Seda.

Lebih lanjut, Mgr. Iqnatius Kardinal Suharyo juga menyampakan selamat melaksanakan Rapimnas I Pemuda Katolik 2020, Tuhan memberkati dan menunjukan jalan bagi Ormas Katolik agar cita-cita Pemuda Katolik yang Unggul Untuk Indonesia Maju bukan hanya sebagai semboyan tetapi sunggu menjadi langka-langka maju lewat gerakan-gerakan yang nyata.

Menteri Dalam Negeri RI, M. Tito Karnavian, memaparkan bahwa, peran organisasi kepemudaan sangat penting untuk mensukseskan Program Pemerintah. Tito berharap Pemuda harus mampu membawa peran yang positif.

Momentun Rapimnas dan Dies Natalis Pemuda Katolik ke 75 tahun, Pemuda Katolik dapat menyusun program kerja yang dapat menunjukan peran Pemuda dalam pembangunan serta berperan aktif menjawab tantangan bangsa dan menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat. "Pro Bono Publico, untuk kebaikan masyarakar"pungkasnya

Ucapan dan pesan senada juga disampaikan oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, Menteri Agama RI, Fuchrul Raz dan Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto sekaligus membuka Rapimnas I Pemuda Katolik 2020.**(oje)

Tidak ada komentar