Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Rekom PDI.P, Menentukan Nasib Joel Said Dan Cun Kasman

TOBELO. KoranMalut.Co.Id - Eskalasi perebutan Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDI P) makin sengit antara bakal calon (Balon) Joel B....

TOBELO. KoranMalut.Co.Id - Eskalasi perebutan Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDI P) makin sengit antara bakal calon (Balon) Joel B. Wogono Said Bajak (Joel-Said) dan Haryanto Tantry Kasman Hi Ahmad (Cun-Kasman). Hal itu, nasib kedua Balon ada di rekom PDI P, penentu lolos atau Tidak.,Kamis, (30/07/20).
   
Pasalnya sementara penantian kedua Bapaslon Joel Said dan Cun Kasman itu, tergantung pilhan Dewan Pengurus Pusat PDI P. Untuk sementara rekomendasi Cakada dari PDI P ke Pilkada Halut belum keluar. Jika suda keluar maka diumumkan secara resmi oleh DPP PDI P, dan bahkan jadwal pengumuman pihak DPD PDI P belum memastikan kapan," Saat ini belum keluar rekomendasi PDI P Cakada untuk Pilkada Halut, bahkan jadwal pengumuman pun belum keluar dari DPP PDI P kapan diumumkan," Ujar Ketua Bappilu DPD PDI P Malut  Irfan Hi Halo Rabu (29/07) saat dihubungi Watawan.
     
Lanjut terkait peluang Cun Kasman untuk mendapat rekomendasi PDI P yang unggul 48 persen dalam survey melalui lembaga Indobarometer itu, Asrul menuturkan bahwa Survey bukan menjadi ukuran untuk bisa mendapat SK rekom PDI P. Karena survey hanya salah satu ukuran dari variabelnya. Sementara untuk Joel Said yang digadang gandang sebagai Kader PDI P meski berada di urutan ke delapan survey melalui Indobarometer pun tidak menjadi ukuran. Sebab Partai melihat kesiapan Kader dan mampu memenuhi variabel lainnya yang disyaratkan DPP PDI P, karena SK Rekom tergantung DPP PDI P," Survey itu bukan satu satunya, harus memenuhi variabel lainnya yang ditentukan DPP PDI P, begitu juga Partai melihat kesiapan kader, sepanjang dia siap dan juga variabel lainnya, Variabel itu ramahnya DPP PDI P," ujarnya.
   
Sementara sikap PDI P yang menggantung nasib kedua Bapaslon antara lolos dan tidak baik Bapaslon Cun Kasman maupun Joel Said mendapat sorotan dari pengamat politik Dosen Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Dr Aji Deni menilai, jika SK DPP PDI P itu, jatuh ke tangan Joel Said yang tidak diungguli oleh hasil Survey maka itu secara politik tidak rasional, sebab harus diukur dengan variabel ilmia konektivitas elit politik yang diusung Parpol dengan masa di akar rumput. Tetapi ada peluang bagi Joel Said karena Joel sebagai Calon Bupati itu, kader PDI P, jika PDI P mengutamakan Kader maka itu terserah PDI P. Disatu sisi jika PDI P menjatuhkan pilihan ke pCun Kasman maka itu pilihan rasional, sebab Cun Kasman punya ektabilitas survey yang tinggi dari semua Bakal calon," Semua terserah PDI P apakah memilih indikator Kader, ataukah memilih indikator Ilmiah dengan melihat hasil survey, Bagi saya Jika PDI P melihat indikator survey maka itu pilihan rasional," Ujar Aji doktor Ilmu Politik.
   
Untuk diketahui Bapaslon Cun Kasman sudah mengantongi tiga Kursi dengan partai koalisi PPP, PAN, dan Gerindra, sementara Bapaslon Joel Said juga mengantongi tiga kursi dengan satu partai yakni PKB. Peluang untuk bisa mendaftar ke KPU harus memenuhi lima kursi Parati pendukung, kedua Bapaslon harus mati matian mendapat SK PDI P, sebab partai tersisa hanya PDI P 3 Kursi dan Berkarya 1 Kursi.**(Red/km).