Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Penghujung Ramadhan, Tradisi Makian Talapao Merayakan Sowan

HALSEL, KoranMalut.Co.Id - Tidak terasa Ramadhan 1440 H/2019 M akan berakhir beberapa hari lagi. Akhir ramadhan ini di Desa Talapao, Kecam...

HALSEL, KoranMalut.Co.Id - Tidak terasa Ramadhan 1440 H/2019 M akan berakhir beberapa hari lagi. Akhir ramadhan ini di Desa Talapao, Kecamatan Makian Barat, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) biasanya dintandai dengan tradisi perayaan Sowan bagi anak-anak yang belajar melaksanan puasa pertama kali selama dalam Bulan Suci Ramadhan.

Perayaan Sowan pada Ramadhan kali ini ada dua jenis Sowan yaitu dari pohon pisang dan Sowan Sambiki (hiasan dari daun woka dibuat bundar menyerupai labu kuning yang diisi beras). Sowan dihiasi mainan, uang, bendera ragam warna, kue kering dan andara, balon dan sejenis lainya.

Rangkaian Sowan juga merupakan tradisi memasuki malam Malam Lailatul Qadar (Ela-ela). Anak-anak yang telah melaksanakan puasa tampak bahagia hari ini, seperti senyum Sumringah Najwa (9) yang telah melaksanakan puasa dan memajang Sowannya hari ini. Jum'at (31/0519) pukul 16.30 WIT.

Sowan juga mampu menciptakan situasi lingkungan yang menghibur bagi anak-anak yang lain yang ramah dan ceria. Tradisi ini diakhir dengan proses anak-anak perebutan pernak-pernik balon, kue, uang, dan lain lain. Nilai positif perayaan ini adalah motivasi bagi anak Desa melaksanakan dan menuntaskan puasanya sebulan penuh.

Sowan selain mengajarkan anak berpuasa di usia dini tradisi ini juga akan menguat jika tumbuh dewasa nanti ketika berpuasa bulan ramadhan,kerena sudah terbiasa sejak usia dini,ada pepata mengatakan belajar dari kecil akan terbawa hingga dewasa.***(red)