Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

BPBD Imbau Masyarakat Halbar Waspada Cuaca Ekstrim Tiga Hari Kedepan

Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Barat mengeluarkan peringatan dini bagi warga Wil...


Jailolo, KoranMalut.Co.Id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Barat mengeluarkan peringatan dini bagi warga Wilayah Halbar untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di awal tahun 2024.

Kepala BPBD Halbar Wawan Gunawan MT.Ali mengimbau warga Halmahera Barat untuk mewaspadai potensi hujan sedang, lebat yang disertai angin kencang pada pagi, siang atau sore dan malam hari serta berpotensi gelombang tinggi lebih dari 2.0 meter yang diperkirakan terjadi dalam kurun waktu tiga hari ke depan mulai 27 hingga 29 Januari 2024, kata wawan kepada koranmalut, dalam keterangannya, Sabtu, (27/1/2024).

"Imbauan tersebut Menindaklanjuti Edaran Peringatan Dini Cuaca Wilayah Maluku Utara dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Sultan Baabullah Ternate, perihal kondisi cuaca di Wilayah Maluku Utara dalam tiga hari ke depan," ucapnya.

Dalam edaran tersebut dijelaskan pula penyebab cuaca ekstrem dikarenakan sirkulasi siklonik terpantau di wilayah Pasifik Utara Papua yang mengakibatkan Konvergensi dan belokan massa udara disekitar wilayah Maluku Utara.

Kondisi ini dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah sirkulasi dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

"Peringatan dini cuaca tiga hari ke depan, durasi tanggal 27-29 Januari 2024, berpotensi berawan–hujan ringan dengan potensi hujan sedang–lebat yang disertai angin kencang pada pagi, siang/sore dan malam hari serta berpotensi gelombang tinggi lebih dari 2.0 ," ucap Kalak Halbar.

"Karena itu, Kami berharap kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Halmahera Barat untuk waspada terhadap bencana seperti banjir rob, tanah longsor, banjir, pohon tumbang dan lain-lain serta tetap berhati-hati dalam melakukan aktivitas baik di darat maupun di laut," harapnya. (riko).

Tidak ada komentar