Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Unipas Morotai Gelar Refleksi Hari Pahlawan Hingga Launching Prestasi Unipas

Morotai, KoranMalut.Co.Id - Melalui panitia refleksi Hari Pahlawan Nasional yang Ke-78, tahun 2023, Universitas Pasifik (Unipas) Morotai, Ka...


Morotai, KoranMalut.Co.Id - Melalui panitia refleksi Hari Pahlawan Nasional yang Ke-78, tahun 2023, Universitas Pasifik (Unipas) Morotai, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, gelar sejumlah kegiatan.

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di pelataran taman kota daruba itu diantaranya, Launching Buku karya dosen Unipas Morotai, Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Launching Prestasi Mahasiswa tingkat nasional dan malam Inagurasi sebanyak 271 mahasiswa studi akhir yang telah melaksanakan kegiatan Kuliah Berkarya dan Bermasyarakat (KBM) Angkatan VIII tahun 2023 yang ditempatkan di 10 desa dalam wilayah Kabupaten Pulau Morotai, dan untuk kategori KBM reguler dan 3 kelompok lainnya di lingkungan kampus untuk kategori KBM khusus. 

Ketua Panitia kegiatan, Amrin Sibua, dalam sambutannya menyampaikan, alasan taman kota di pilih sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan tersebut karena hal tersebut juga sebagai bagian dari promosi atas torehan prestasi Dosen dan Mahasiswa Unipas Morotai. 

Selain sebagai ajang promosi, lanjut Amrin, Hal itu juga sebagai wujud Unipas mengakrabkan diri dengan seluruh stakeholder di Pulau Morotai.  

"Terutama bagi masyarakat yang mungkin belum mengetahui keunggulan dan prestasi Unipas Morotai,"katanya. 

Sementara Rektor Unipas Morotai, Irfan Hi. Abd. Rahman menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul "Unipas Berkarya, Indonesia Berjaya di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era 5.0". 

Terkait dengan judul itu, Rektor menjelaskan bahwa teknologi digital sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupan masa kini dan di masa yang akan datang. Namun manusia tidak seharusnya mereduksi harkat-martabat dirinya sebagai khalifatullah.  

"Itu sebabnya, peran perguruan tinggi dan negara harus terus ditingkatkan untuk melindungi segenap warga masyarakatnya", katanya. 

Menurutnya, Pendidikan manusia ternyata sangat kompleks dan berdimensi banyak. Mungkin itulah sebabnya generasi awal seperti Soejatmoko, Soartono kartodirdjo,  YB Manguwijaya, Andi Hakim Nasiton dan Azumardi Azra dalam beberapa kesempatan mengatakan jangan mempermainkan Pendidikan karena Pendidikan memiliki peran vital, untuk mencerdaskan bangsa.  

"Oleh karena itu Kolaborasi progresif mutlak diperlukan, Jika ada kebijkan yang mengutamakan Pendidikan maka harus diapresiasi,"ujarnya. 

Irfan berharap dengan kegiatan yang dilaksanakannya itu dapat memberikan semangat baru. 

"Agar universitas Pasifik dan bangsa Indonesia ini dapat lebih semarak untuk  menghasilkan Karya, demi Indonesia Berjaya ke depannya,"harapnya. 

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan itu diantaranya, Dandim 1514/Morotai, Letkol Arh Masykur Akmal, Mewakili Danlanud Kadis Log Mayor Kal Yusri Sukri, Mewakili Kajari Kasubag Bin Muh Ramli, Para Kepala Desa dan Mahasiswa Unipas Morotai.**(red)

Tidak ada komentar