Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Ribuan Warga Morotai Menjemput Mantan Bupati Terpidana Rusli Sibua

MOROTAI, KoranMalut.Co.Id - Ribuan warga dari berbagai pelosok desa mendadak membanjiri Bandar Udara Pitu Morotai untuk menjemput mantan Bup...


MOROTAI, KoranMalut.Co.Id - Ribuan warga dari berbagai pelosok desa mendadak membanjiri Bandar Udara Pitu Morotai untuk menjemput mantan Bupati Kabupaten Pulau Morotai, Rusli Sibua (RS), Selasa 24 Mei 2022.

RS tiba di Bandar Udara Pitu Morotai, sekitar pukul 01.05 WIT. Ia disambut histeris oleh ribuan warga yang mencegatnya di pintu keluar bandara. Warga saling dorong dan berebutan untuk salaman. 

Teriakan selamat datang Bupati Morotai 2024' menggema mengiringi langkah RS menuju kendaraannya. Dari atas mobil, RS masih sempat melambaikan tangan menyapa warga lain yang tidak sempat menyalaminya.

Sebelumnya, dari amatan media ini, sejak pukul 11.00 WIT, warga sudah mulai berkumpul memadati halaman Bandara. 

Namun jumlah masa mulai membeludak pada pukul 12.45 WIT, hingga nyaris membuat tempat parkir bandara tak lagi mampu menampung kendaraan. Kedatangan warga ini sebagai bentuk kerinduan terhadap RS.

Selanjutnya, RS langsung menuju rumah kediamannya di Desa Muhajirin, Kecamatan Morotai Selatan. Tak disangka, jumlah kendaraan yang mengiringi perjalanan RS membentang hampir 5 kilo meter. 

Sepanjang perjalanan RS disambut warga di sepanjang jalan yang dilalui. RS pun hanya bisa melambaikan tangannya dari dalam mobil.

Namun di tengah jalan, tiba-tiba sekelompok ibu-ibu dengan nekat menerobos kerumunan kendaraan yang melintas dan mendekati mobil yang berjalan lambat hanya untuk bersalaman dan memeluk RS.

"Kiapa kong baru pulang, tong so inga kong," ucap para ibu-ibu dengan berlinang air mata. 

Kerumunan kian bertambah saat RS tiba di kediamannya. RS pun harus berjibaku dengan warga yang menunggu untuk sekadar bersalaman. 

Empat unit tenti yang disediakan di halaman rumah RS tak mampu menampung jumlah warga yang datang. 

Mohtar salah satu keluarga RS kepada wartawan mengatakan, kedatangan RS ke Morotai ini untuk berziarah ke makam orang tuanya. 

"Selanjutnya mungkin hanya bertemu dengan keluarga saja. Jadi kami pihak keluarga juga kaget ketika ada penyambutan seperti ini," ucap Mohtar.

Namun keluarga RS merasa berterima kasih kepada warga atas penyambutannya. "Mungkin ini bagian dari rasa rindu mereka ke beliau," ujarnya.

Banyaknya jumlah masa, membuat keluarga RS terpaksa harus menggelar acara halal bihalal. 

"Karena warga sudah terlanjur datang, mungkin nanti malam lepas sholat Isa akan ada acara halal bihalal di kediamannya ko Uci (RS)," ungkap Mohtar.

Informasi kedatangan RS ke Morotai belakangan menjadi pembahasan hangat dikalangan masyarakat. 

RS adalah mantan Bupati Kabupaten Pulau Morotai periode 2011-2016. Hanya saja perjalanan pemerintahan RS hanya berlangsung 4 tahun. Karena pada pertengahan tahun 2015, RS harus menghadapi masalah hukum, setelah ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus suap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mokhtar tahun 2011. 

RS pun harus menjalani masa tahanan selama 4 tahun di Lapas Sukamiskin. RS akhirnya dinyatakan bebas pada 2020 kemarin.

Namun pasca bebas dari penjara, RS tak sekalipun datang ke Morotai. Hal ini lantas meninggalkan kerinduan mendalam bagi masyarakat Morotai yang telah menganggapnya sebagai bapak pembangunan Morotai.

Dengan adanya kabar kedatangan RS ke Morotai, dianggap sebagai awal baru bagi sejumlah masyarakat Morotai untuk mencari pemimpin baru  Morotai di Pilkada 2024, setelah mendapat tekanan ekonomi selama 5 tahun di kepemimpinan Benny-Asrun.**(red).

Tidak ada komentar