Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Pondok Pesantren Nurul-Amin Bersama Pemuda-Pemudi Gorua Gelar PSBI

TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Pondok pesantren Nurul-Amin dan pemuda-pemudi Desa Gorua Kecamatan Tobelo Utara Kabupaten Halmahera Utara (Halut)...


TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Pondok pesantren Nurul-Amin dan pemuda-pemudi Desa Gorua Kecamatan Tobelo Utara Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Jumat (08/04/2022) menggelar Gemah Ramadhan 1443 H dengan Pentas Seni dan Budaya Islam (PSBI) dengan tema "melestarikan nilai-nilai islam dalam kehidupan".

Turut hadir dalam kegiatan pentas seni dan budaya islam ini diantaranya, Irham Hakim sebagai anggota DPRD Halut, Sekwan Halut Abd Azis yang juga sebagai sponsor acara PSBI, Camat Tobelo Utara, KUA Tobelo Utara, Kepala Desa Gorua, Ketua Pemuda Muhammadiyah Halut, Ketua ApI Halut, Maulida Fitria dan tokoh Agama Desa Gorua. 

Ketua Panitia PSBI Musrita Kahar menyampaikan kerjasama dengan pelaksanaan kegiatan ini merupakan hal yang pertama kali dilakukan di desa Gorua. Dimana kegiatan ini diharapkan menjadi inpirasi. Pasalnya berkaitan secara historis desa Gorua di kenal sebagai gudang ilmu itu sendiri, sehingga kegiatan ini sebagai bagian untuk menjadi tradisi kedepan. Adapun sesuai tema melestarikan nilai Islam dalam kehidupan, mempererat silaturahmi diantara kita, mengajarkan dan mendidik agar generasi mencintai Al-Qur'an dan ajaran Islam. 

Dijelaskannya, anggaran kegiatan ini dapat terlaksana juga disponsori oleh Amazy, dimana adapun peserta terdiri dari Tobelo Kota dan Galela desa Soasio dengan terdaftar sebanyak 7 TPQ  dengan peserta sebanyak 111 orang. Dimana bidang kegiatan terdiri dari diantaran Adzan dan sejumlah kegiatan lainnya.

Sementara Pimpinan pondok pesantren Nurul-Amin Desa Gorua Ustad Alstal Abdul Jalil mengatakan kegiatan lomba Ramadhan yang dilaksanakan dimana ketika anak-anak yang telah didik dapat terus dipacuh lagi dalam belajar Al-Qur'an. "Bagaimana kita tingkatkan dalam menghafal Al-Qur'an atau belajar agama. Melihat keadaan saat ini perkembangan zaman begitu luar biasa sehingga bagaimana terus mendorong anak-anak dalam mendorong mengamalkan agama dan belajar Al-Qur'an," jelasnya. 

Dikatakannya, dengan adanya lomba ramadhan ada semangat bagi anak-anak lain untuk terus belajar. "Diacara lomba Ramadhan yang telah ditentukan juga didalamnya hafalan Al-Qur'an dan juga didalamnya ajaran agama sehingga ini menjadi pendorong sehingga anak-anak dapat lebih terdorong dalam belajar," terangnya. 

Anggota DPRD Halut Irham Hakim dalam sambutannya menyampaikan kehadiran semua pihak dapat bernilai ibadah.  Dimana di kecamatan Tobelo Utara bersyukur pasalnya dimomentum bulan Ramadhan kegiatan dapat terlaksana tepatnya di desa Gorua. "Kegiatan ini bernilai positif dan segera ditindaklanjuti ditingkat lebih diatas lagi. Kedepan lebih bergaung lebih besar hingga ke tingkat kabupaten," jelasnya. 

Menurutnya jika berbicara TPQ, maka Gorua cukup banyak. Hal tersebut sangatlah baik untuk bagaimana mengajarkan dan mengukur pengetahuan pengetahuan anak-anak tentang membaca Alqur'an dan juga memepelari tentang agama Islam. 

Sementara itu Camat Tobelo Utara Husni Hakim menyampaikan, kegiatan Gemah Ramdhan pada malam ini menjadi sukacita dalam menyambut Ramadan 1443 H ini, dimana dapat digelarnya lomba tersebut. Husni sendiri menuturkan kalau membaca Islam maka diartikan sebagai cahaya, sehingga dengan melaksanakan kegiatan dengan membaca dan menghafal Al-Qur'an maka kita memberikan cahaya di desa kita dan kecamatan bahkan kabupaten. "Kita akan melihat potensi dari anak-anak kita secara langsung," ucapnya. 

Sepatah dua kata dari Amazi Tobelo yang memberikan sponsor oleh Sponsor kegiatan PSBI Abdul Azis menyebutkan dalam gema Ramadhan 1443 H sangat luar biasa, dimana kehadiran bersama istri juga sebagai wali santri dan juga sebagai Sekwan DPRD. "Kegiatan yang terlaksana yang juga didalamnya difasilitasi dan didukung semua pihak, tentunya sangat diberikan apresiasi, terutama panitia dengan telah  menyelenggarakan kegiatan yang memiliki nilai yang sangat baik untuk bagaiman tetap memunculkan kepedulian terhadap generasi muda terutama anak-anak kita," terangnya. 

Diharapkan, kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di momen Ramadhan saja tetapi juga terlaksanakan dalam momentum keagamaan Islam kedepannya. "Kegiatan yang dilaksanakan sepeti ini maka tentunya akan membuat tokoh-tokoh di Halut kedepannya akan terdorong untuk mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk seremonial tetapi akan terus berkelanjutan kedepannya," pintanya. 

Sekedar diketahui jenis mata lomba yang dibuka ini diantaranya, lomba Adzan, Tartil Qur'an, Anak Sholeh, Ceramah, Hifdzil Qur'an.**(gf)

Tidak ada komentar