Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Bupati Kunjungi Warga Terdampak Gempa di Tobelo Barat dan Kao Barat

TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Bupati Halmahera Utara mengunjugi warga yang terdampak gempa bumi di Kecamatan Tobelo Barat dan Kao Barat Kabupat...


TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Bupati Halmahera Utara mengunjugi warga yang terdampak gempa bumi di Kecamatan Tobelo Barat dan Kao Barat Kabupaten Halmahera Utara, Senin (10/1/2022)

Pada kunjungan tersebut, Bupati Halmahera Utara didampingi langsung oleh Wakil Bupati, Ketua DPRD Kab. halut Janlis Kitong, dan Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara Ibu Christina Lesnusa serta Kepala Bagian Umum, Perlengkapan dan Protokoler Setda Oscar Berto Mene. 

Kunjungan tersebut dilaksanakan dibeberapa desa terdampak yaitu Desa Kusuri Kecamatan Tobelo Barat dan Desa Somaetek Kecamatan Kao Barat, kedua kecamatan ini merupakan daerah terdampak gempa bumi yang terbilang cukup parah.

Gempa bumi berkekuatan 5,5 Magnitudo yang terjadi pagi tadi sekitar pukul 06.59 WIT, menyebabkan puluhan rumah warga serta tempat ibadah mengalami kerusakan, baik ringan, sedang maupun berat, bukan saja bangunan yang rusak melainkan ada juga dua orang warga yang dilaporkan mengalami korban jiwa yang seorang mengalami patah tulang dan luka robek dibagian kepala, dua warga tersebut dikabarkan terkena reruntuhan bangunan yang roboh akibat gempa bumi. 

Pada kesempatan ini, Pemerintah Daerah langsung memberikan bantuan sosial berupa sembako yang diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati dan Ketua DPRD Halmahera Utara kepada masyarakat yang mengalami korban gempa bumi bertempat Aula Kantor Desa Kusuri Kecamatan Tobelo Barat, dan untuk rumah warga yang mengalami kerusakan juga akan ditangani langsung oleh Pemerintah Daerah, dan akan segera di data oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Halmahera Utara. Selanjutnya Bupati Halmahera Utara bersama rombongan lainnya langsung bertolak menuju Kao Barat melihat langsung korban gempa dan bangunan yang hancur tepatnya berada di desa Somaetek. 

Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manery berharap agar korban luka akibat gempa bumi segera lekas sembuh, dan seluruh kerusakan bangunan warga akibat gempa tersebut akan segera ditangani langsung oleh Pemerintah Daerah. 

Perlu diketahui, untuk saat ini jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan di Kecamatan Tobelo Barat berdasarkan data yang disampaikan yaitu, Desa Kusuri 39 Unit (Rusak Ringan), 5 Unit (Rusak Sedang), Desa Sukamaju 9 Unit (Rusak Ringan), 5 Unit (Rusak Sedang), Desa Hero Ino 9 Unit (Rusak Ringan), 1 Unit (Rusak Sedang), Desa Wangogira 1 Unit (Rusak Ringan), 3 Unit (Rusak Sedang), selain itu ada juga fasilitas umum yang rusak berupa tempat Ibadah di desa Kusuri 3 Unit Gereja (Rusak Ringan), Kantor Desa (Rusak Ringan), Sekolah SD 3 Unit (Rusak Ringan), Kantor Camat (Rusak Ringan), Desa Sukamaju 1 Pastori Gereja (Rusak Ringan), Desa Wangogira 1 Buah Gereja (Rusak Sedang). sedangkan untuk Kecamatan Kao Barat data sementara yang disampaikan yaitu sebanyak 33 rumah warga dan 2 tempat ibadah.**(gf).

Tidak ada komentar