Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Morotai Penggalangan Pengusaha, Persiapan Temu Spanyol dan Portugal

MOROTAI. KoranMalut.Co.Id - Bupati Pulau Morotai dalam hal ini diwakili oleh Koordinator Staf Khusus Bupati, Semuel Samson menghadir koor...

MOROTAI. KoranMalut.Co.Id - Bupati Pulau Morotai dalam hal ini diwakili oleh Koordinator Staf Khusus Bupati, Semuel Samson menghadir koordinasi dan penggalangan pengusaha untuk persiapan forum bisnis di Spanyol dan Portugal pada Juni 2020 yang akan datang. Koordinasi diselenggarakan di Hotel Atria, Tangerang, Banten pada tanggal (07/02). Rabu, (13/02/2020).

"Penggalangan Pengusaha dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di wilayah timur (maluku dan maluku utara). Guna kesuksesan rencana dimaksud, Kementerian Luar Negeri telah mengajukan sebuah Program Prioritas Nasional (ProPN) pada tahun ini".

Kegiatan ProPN tersebut dimaksudkan untuk memanfaatkan momentum “500 Tahun Pelayaran “Pertama” Keliling Dunia atau 500 Year of the First Globe Circumnavigation” oleh Tim ekspedisi Magellan & Elcano (Portugal & Spanyol) untuk mencari & menemukan daerah penghasil rempah-2 di Nusantara yaitu di Kepulauan Maluku & Maluku Utara.

Sejarah telah mencatat, pelayaran lima abad yang lalu itu telah membuat Jazirah Moloku Kie Raha tersohor diberbagai penjuru dunia, terutama Eropa dan Amerika. Undangan Direktur Eropa I, Ditjen Amerika dan Eropa, Kemenlu Ida Bagus Made Bimantara dimanfaatkan sepenuhnya oleh Staf Khusus Bupati Pulau Morotai, yang tak lain merupakan Duta Besar RI untuk Beograd, Serbia (2010-2014) untuk memaparkan potensi Perikanan, rempah-rempah, dan pariwisata yang dimiliki Morotai. Dubes Semuel Samson sendiri juga memaparkan materi yang bertemakan “Doing Business in Europe” pada kesempatan yang sama.

Sesuai dengan rencana ProPN, Kemenlu mengagendakan temu bisnis yang diberi nama Circumnavigation Business Forum (CBF) 2020 dan akan dirangkaikan dengan penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2020. Untuk itu, Morotai yang sudah direncanakan menjadi pilot project diplomasi ekonomi menyambut baik kebijaksanaan Kemenlu. tutupnya.**(red)