Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Puan Mengaku Belum Punya Road Map Pembangunan SDM 2019

Jakarta.,Koran malut .Com, - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan pihaknya selama ini belum m...


Jakarta.,Koranmalut.Com, - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan pihaknya selama ini belum memiliki peta jalan (road map) pembangunan sumber daya manusia (SDM) untuk rencana kerja pemerintah 2019. Menurut dia, peta jalan itu harus dibuat bukan untuk jangka pendek saja, tapi harus hingga puluhan tahun.

"Secara garis besarnya, setahu saya belum ada," katanya setelah menghadiri rapat kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin, 12 Februari 2018.

Meski begitu, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini berujar, pada dasarnya, program-program terkait dengan pembangunan SDM sudah ada dan sudah berjalan selama ini. Setelah peta jalan pembangunan SDM 2019 terbentuk, baru akan dilihat sektor mana yang perlu ditingkatkan.

Dalam rapat kabinet paripurna tadi, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta para menteri membahas tentang rencana kerja pemerintah 2019. Presiden Jokowi meminta pemerintah pada tahun itu berfokus pada pembangunan SDM.

Menurut Jokowi, pemerintah pada tahun-tahun sebelumnya sudah berfokus pada percepatan pembangunan infrastruktur. Karena itu, saat ini giliran pembangunan SDM. Ia meminta kementerian terkait segera membuat program kerja.

Puan Maharani berujar, untuk membuat program kerja, perlu dibuat pemetaan sebelumnya. Selain itu, perlu terintegrasi dengan kementerian lain, terutama Kementerian Koordinator Perekonomian.

"Misalnya pembangunan vokasi yang tersinergi dengan perindustrian, itu harus diperkuat. Kemudian kebutuhan dengan infrastruktur yang sedemikian besar itu berapa banyak SDM yang diperlukan, berapa banyak yang kita harus fokus masuknya di bidang apa, dan lainnya," ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, dalam fokus Rencana Kerja Pemerintah 2019 di bidang pembangunan SDM, Presiden meminta peningkatan pelayanan dasar terhadap warga, pengentasan kemiskinan, serta pengurangan ketimpangan sosial. "Dan tadi ada arahan Presiden untuk kita lebih (fokus) pada masalah gizi buruk dan (balita). Ini menjadi prioritas nasional dan fokus pembangunan manusia," ucapnya di tempat yang sama.