Grid

GRID_STYLE

Breaking News

latest

Forum Komunikasi Umat Islam Desa Gotalamo hadir Sebagai Mitra Pemerintah Desa

TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Forum Komunikasi Umat Islam (Fokus Islam) Desa Gotalamo Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara (Halut) ...


TOBELO, KoranMalut.Co.Id - Forum Komunikasi Umat Islam (Fokus Islam) Desa Gotalamo Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara (Halut) menggelar kegiatan Dialog Publik sekaligus membuat pelatihan dan pembinaan lembaga kemasyarakatan Desa.

Lembaga ini lahir dari pikiran dan gagasan anak muda untuk menciptakan nuansa dan akan kecintaan serta taat akan agama sebagai pedoman hidup.

Fokus Islam ini lahir dari dasar keprihatinan kami terhadap generasi muda di desa Gotalamo yang sangat membuat sedih. Namun dengan hal tersebut kami berinsiatif untuk melakukan perubahan dengan mulai bentuk pada tanggal 5 November 2021 ini. Ujar Iksan Karatahe Inisiator Fokus Islam, Kamis (05/05/2022) 

Iksan bilang,Fokus Islam ini juga sebagai wadah pembinaan karakter generasi muda menjadi generasi yg berakhlak mulia, dan meningkatkan kecintaan pada agama bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia. 

"Fokus Islam selalu menjadi garda terdepan terhadap pengambilan kebijakan untuk mendorong mengedepan generasi muda di Desa Gotalamo, melalu kerjasama dengan BPD dan Pemerintah Desa Gotalamo mendorong melalui kebijakan-kebijakan yang dapat membantu generasi muda lebih baik". Ucap Iksan

Iksan menambahkan, kegiatan keagamaan sebagai wadah pemersatu yang di lakukan oleh fokus seperti kegiatan membaca surat Al Kahfi setiap malam Jumat, pembagian sembako kepada saudara yatim piatu,ibu-ibu janda dan keluarga tak mampu sebagai dorong moril untuk fokus Islam membantu antara sesama muslim di desa Gotalamo. 

"Fokus Islam juga telah bekerja sama dengan satu lembaga luar negeri yaitu sehati untuk Palestina lembaga kemanusiaan yg ada di palestina dan juga sangat mendukung gerakan gerakan kemanusiaan baik nasional maupun internasional". Jelasnya

Sementara itu Ketua Fokus Islam M.Kurniyawan St.Batuah mengatakan bahwa Fokus Islam adalah satu wadah Organisasi yang lahir dan baru se umur jagung, Gerakan Fokus Islam bertolak dari gerakan keagamaan dan gerakan Sosial, gerakan keagamaan adalah mendidik generasi akan cinta agama. 

" Selain gerakan keagamaan, fokus islam juga bergerak di bidang gerakan sosial untuk menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia yakni membangun kerjasama dengan Pemerintah Desa sebagai mitra kerja, mendorong masyarakat untuk membangun semangat gotong royong.

"Kami sudah membuat program kerja diantaranya pembacaan surat Al Kahfi time ditiap malam Jumat, pengawalan santri TPQ dan pemberian bantuan sembako dan santunan bagi yang membutuhkan, Sumber dananya didapat dari Donasi yang kami buka maupun bantuan berbagai pihak pemerhati sosial, Pemerintah Desa dan sebagainya, Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, Insha Allah Fokus Islam ini perlu diperluas sebagai gerakan menguatkan Aqidah dan Keimanan kita kepada Allah SWT", singkatnya.

Selanjutnya Kepala Desa Gotalamo memberikan apresiasi positif pada lembaga Fokus Islam  di desa Gotalamo yang telah dibentuk walaupun baru beberapa bulan namun sudah memberikan manfaat bagi orang banyak dan bagi Desa. 

"Luar biasa lembaga ini walaupun baru beberapa bulan dibentuk namun sudah eksis dalam memberikan bekerja dan ini nampak sekali" ujar Kades Gotalamo Rahim Barakati.

Rahim menjelaskan,lembaga Fokus Islam tidak saja bergerak dibidang keagamaan namun juga bergerak di gerakan sosial diantaranya memberikan Sosialisasi dan pelatihan pada masyarakat sebagai bentuk kegiatan-kegiatan pemberdayaan yang tepat sasaran yang jelas.

"Pemerintah Desa memberikan support yang luar biasa untuk Fokus Islam sebagai salah satu lembaga kepemudaan yang peduli terhadap desa ini" tuturnya.**(gf)

Tidak ada komentar